Revitalisasi Boulevard Suroto Yogyakarta mulai dikerjakan

id Boulevard, jalan suroto, kotabaru, yogyakarta

Revitalisasi Boulevard Suroto Yogyakarta mulai dikerjakan

Pekerjaan revitalisasi boulevard di Jalan Suroto Kotabaru Yogyakarta yang diawali dengan pembongkaran taman (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Pekerjaan revitalisasi boulevard di Jalan Suroto sebagai bagian dari penataan trotoar di kawasan cagar budaya Kotabaru mulai dikerjakan dan DPUPKP Kota Yogyakarta optimistis seluruh pekerjaan rampung akhir 2018.
   
“Pekerjaan revitalisasi diawali dengan merapikan pohon-pohon besar dan membongkar taman yang ada di ‘boulevard’ Jalan Suroto. Setelah itu, kami akan masuk untuk memperbaiki pot tanaman dan trotoarnya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono di Yogyakarta, Sabtu.
   
Menurut dia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta memiliki tanggung jawab untuk merapikan pohon-pohon besar dan dipastikan tidak ada pohon yang dipangkas untuk kebutuhan revitalisasi.
   
Sedangkan bagian taman di boulevard Jalan Suroto harus dibongkar karena nantinya akan diganti dengan desain taman baru yang lebih modern serta penggantian trotoar dengan bahan teraso sehingga bisa dimanfaatkan untuk ruang publik.
   
“Pot taman yang semula tinggi, akan diganti dengan pot yang lebih rendah. Nantinya juga akan ada tambahan ornamen lampu yang menyorot ke arah pohon sehingga taman terlihat lebih menarik,” kata Agus.
   
Semula, pekerjaan revitalisasi “boulevard” di Jalan Suroto tersebut baru akan dilaksanakan pada tahun depan. Namun, karena ada tambahan dana keistimewaan dari anggaran perubahan 2018, maka pekerjaan bisa dilakukan tahun ini juga.
   
Dana keistimewaan yang dialokasikan untuk revitalisasi boulevard Jalan Suroto mencapai Rp2 miliar. Pekerjaan revitalisasi boulevard tersebut ditargetkan rampung bersamaan dengan pekerjaan revitalisasi trotoar di sepanjang Jalan Suroto yang juga didanai dengan dana keistimewaan.
   
“Di awal lelang revitalisasi boulevard, kami sempat khawatir akan mengalami kesulitan. Tetapi lelang bisa berjalan dengan lancar sehingga kami bisa memperoleh rekanan dengan cepat,” katanya.    
   
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Suyana mengatakan, sudah melakukan penataan terhadap pohon yang berada di boulevard Jalan Suroto.
 
  “Harus dirapikan, dan dipangkas dahannya karena nantinya akan ada lampu sorot ke arah pohon. Harapannya, tampilan taman di boulevard Jalan Suroto ini semakin bagus,” katanya.
   
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, sudah merencanakan untuk melanjutkan pekerjaan revitalisasi trotoar pada 2019, yaitu di Jalan Sudirman. 

(E013)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024