Desa Candi Binangun deklarasi antipolitik uang

id Anti pooitik uang

Desa Candi Binangun deklarasi antipolitik uang

Masyarakat Desa Candi Binangun, Sleman melakukan deklarasi antipolitik uang menjelang Pemilu 2019. (Foto Humas Sleman)

Sleman, Yogyakarta, 30/9 (Antara) - Masyarakat Desa Candi Binangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan deklarasi antipolitik uang menjelang Pemilu 2019, Minggu.

"Politik uang merupakan salah satu momok demokrasi. Praktik antidemokrasi tersebut harus dilawan bersama-sama dari semua arah," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan, saat menghadiri acara deklarasi Desa Anti-Politik Uang (APU), di Desa Candi Binangun.

Menurut dia, Bawaslu diberi tugas dan kewenangan dalam aspek pengawasan pemilu di dalamnya terdapat tugas pencegahan pelanggaran pemilu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melibatkan partisipasi masyarakat sebagaimana diamanatkan Undang Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Desa APU yang digagas Bawaslu DIY, salah satunya di Desa Candi Binangun ini adalah wujud partisipasi masyarakat dalam pencegahan pelanggaran pemilu, utamanya praktik politik uang," katanya.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Mustain Aminun yang mewakili Bupati Sleman dalam acara tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan apresiasi atas terselenggara acara deklarasi APU di Desa Candi Binangun.

"Untuk menjaga dan menegakkan integritas demokrasi yang bersih dan jujur diperlukan adanya komitmen bersama. Komitmen ini adalah salah satu langkah yang nantinya diuji dalam aspek menyelaraskan kampanye pemilu yang sudah mulai hingga bulan April mendatang," katanya lagi.

Ia mengatakan, deklarasi ini dilaksanakan untuk mendukung penolakan praktik "money politics" dalam pemilu.

"Andaikata politik tergantung pada uang tentunya akan menimbulkan dampak yang tidak ada habisnya dan tidak sesuai dengan demokrasi yang diharapkan. Mari tunjukkan komitmen ini dalam realitas aksi penolakan politik uang," katanya pula.

Kepala Desa Candi Binangun Sismantoro menyambut baik dipilih Desa Candi Binangun sebagai proyek percontohan (pilot project) Desa APU di DIY.

Deklarasi APU merupakan bentuk keprihatinan masyarakat Desa Candi Binangun pada praktik politik uang pada Pemilu 2014 lalu.

"Kami berharap, masyarakat dapat menyambut baik program Desa APU dalam pengawasan pemilu kali ini," katanya.

Deklarasi Desa APU Candi Binangun ini digelar di lapangan desa dan turut dihadiri ratusan masyarakat setempat, jajaran pengawas pemilu se-DIY mulai dari tingkat kelurahan/desa hingga provinsi, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman serta stakeholder terkait, termasuk perwakilan partai politik (parpol) se-Kabupaten Sleman selaku peserta pemilu.

Deklarasi diawali dengan flashmob dilanjutkan dengan deklarasi serta penandatanganan dan cap tangan.?




(V001)

 
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2024