Pengusaha muda Yogyakarta galang bantuan UMKM di Palu

id Palu,gempa palu

Pengusaha muda Yogyakarta galang bantuan UMKM di Palu

Kondisi pengungsi akibat gempa Palu (Foto Antara/dok)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Daerah Istimewa Yogyakarta menggalang dana untuk korban gempa bumi dan tsunami khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

 "Peristiwa bencana tersebut membuat kami keluarga besar Hipmi DIY terketuk untuk membantu para saudara kita dan pungusaha UMKM yang tertimpa musibah di sana," kata Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hipmi DIY Teddy Gani Karim di Yogyakarta, Senin.

 Ia mengatakan para pelaku UMKM menjadi salah satu perhatian dari HIPMI karena mereka menjadi kalangan yang terimbas cukup besar dalam peristiwa bencana tersebut.

Pascaperistiwa bencana itu, menurut dia, aktivitas perekonomian di Palu dan Donggala menjadi terhenti, jalan banyak yang putus dan ambles, termasuk peralatan usaha tidak terselamatkan. Akibatnya banyak para pengusaha UMKM yang tidak bisa berdagang.

Berdasarkan pengalaman gempa bumi di Bantul 2006 lalu, menurut dia, banyak UMKM yang berhenti beraktivitas karena seluruh alat produksi dan aset lainnya rusak terkena gempa bumi.

"UMKM harus segera mendapat perhatian agar mereka segera beroperasi sehingga perekonomian masyarakat bisa kembali berputar," kata dia.

Teddy berharap selain melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi terhadap hunian masyarakat, pendampingan terhadap UMKM juga harus dilaksanakan. Perhatian terhadap kredit UMKM yang secara otomatis terganggu, bagi dia, menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan untuk memulihkan aktivitas perekonomian di wilayah terdampak.

"Kredit terhadap UMKM korban gempa Bantul 2006 lalu juga sampai sekarang masih ada yang belum selesai. Maka hal tersebut juga harus ada pemecahannya, khususnya di Palu," kata dia.

Adapun bentuk konkret dari penggalangan dana yang dilakukan Hipmi DIY Peduli, kata Teddy, hasilnya akan langsung disalurkan bersama dengan Hipmi BPP Peduli.



(T.L007)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024