Suhu Yogyakarta bisa mencapai 35 derajat Celcius selama Oktober

id Bmkg

Suhu  Yogyakarta bisa mencapai 35 derajat Celcius selama Oktober

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/ama/17)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta menyebut suhu udara di daerah ini mengalami peningkatkan maksimum yang diperkirakan mencapai 33-35 derajat Celsius selama Oktober 2018.
     
"Suhu udara yang cukup panas di siang hari ini terjadi karena ada pergerakan posisi semu matahari," kata kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Djoko Budiyono di Yogyakarta, Senin.
       
Djoko mengatakan berdasarkan pengamatan Stasiun Klimatologi, posisi semu matahari di bulan september berada pada kisaran equator sehingga wilayah Yogyakarta mendapatkan banyak curahan sinar matahari. 
       
Selanjutnya, pergerakan posisi semu matahari tersebut secara perlahan akan beralih menuju bagian selatan equator. Dengan demikian, Yogyakarta yang berada di selatan equator akan mendapatkan curahan matahari yang lebih besar lagi selama oktober ini.
     
"Sehingga pada siang hari akan mempunyai suhu maksimum yang cukup tinggi yaitu bisa mencapai  33-35 derajat celsius. Sedangkan suhu udara minimum di malam hari juga cukup hangat sekitar 22-24 derajat celsius," kata dia.
       
Menurut dia, secara umum kondisi iklim di DIY pada Oktober akan memasuki periode pancaroba. Sedangkan untuk awal musim hujan akan masuk dimulai bulan November 2018.
         
Ia berharap, memasuki pancaroba masyarakat mulai memangkas pohon yang sudah tua dan rapuh, memperbaiki atap rumah yang sudah rusak, tidak membuang sampah sembarangan untuk menghindari banjir, berhati-hati bagi yang tinggal di dataran tinggi (rawan longsor), dan bagi petani untuk mempersiapkan masa tanam sesuai iklim yang terjadi.
       
Selama pancaroba, menurut dia, hujan dapat muncul di bagian utara dan tengah DIY, seperti Sleman, Kulon Progo bagian utara, Kota Yogyakarta, serta Bantul utara.
       
"Hujan kategori ringan hingga sedang berpotensi terjadi, terutama di siang atau sore hari. Hujan dapat disertai petir dan angin kencang," kata dia.