60.000 Penonton padati Wayang Jogja Carnival Night 2018

id Wayang jogja night carnival

60.000 Penonton  padati Wayang Jogja Carnival Night 2018

Wayang Jogja Night Carnival Tokoh Gatotkaca dari kecamatan Gondokusuman dalam Wayang Jogja Night Carnival sepanjang Jalan Sudirman hingga Margo Utomo kota Yogyakarta, Jum'at (7/10). Wayang Jogja Night Carnival merupakan puncak peringatan HUT kota Yogyakarta ke-260, sebanyak 14 kecamatan Yogyakarta ikut serta dalam memeriahkan acara ini. Warga dan wisatawan penuh sesak jejali tugu pal Putih Jogja untuk menyaksikan acara di depan panggung utama. (Foto ANTARA/Yody Putra Pratama/ags/16)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Gelaran Wayang Jogja Night Carnival ketiga yang akan diselenggarakan pada Minggu (7/10) malam di seputar Tugu Yogyakarta diperkirakan akan dipadati sekitar 60.000 penonton dan wisatawan.
   
“Perkiraan tersebut didasarkan pada data tahun lalu yang dihitung dari beberapa titik. Harapan kami, jumlah penonton dan wisatawan bisa meningkat,” kata Direktur Pertunjukan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2018 Yetty Martanti di Yogyakarta, Sabtu.
   
Meskipun berharap jumlah penonton pada puncak peringatan hari ulang tahun ke-262 Kota Yogyakarta akan meningkat, namun Yetty menyadari jika kapasitas tempat penyelenggaraan juga sangat berpengaruh terhadap jumlah penonton atau wisatawan yang hadir.
   
Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun sejak 2016 tersebut, diselenggarakan dalam konsep “street art” dengan rute simpang tiga Jembatan Gondolayu di Jalan Sudirman, menuju ke Tugu Yogyakarta dan finish di Jalan Margo Utomo.
   
“Rute yang dilalui tidak terlalu panjang sehingga perkiraan 60.000 penonton sudah cukup maksimal sesuai kapasitas lokasi,” kata Yetty.
   
Pada penyelenggaraan tahun ini, panitia menyiapkan tiga panggung di sepanjang rute. Peserta karnaval yang berasal dari perwakilan setiap kecamatan di Kota Yogyakarta akan menampilkan koreografi sesuai dengan tema wayang yang diangkat. Di Yogyakarta terdapat 14 kecamatan.
   
Tiga panggung yang akan menjadi titik “display” peserta karnaval berada di depan gedung bekas Indosat di Jalan Jenderal Sudirman, di depan Tugu Pal Putih dan di depan kantor KR di Jalan Margo Utomo.
   
Dalam penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival 2018, tema atau tokoh wayang yang akan ditampilkan berbeda dengan tokoh wayang tahun sebelumnya. Setiap kecamatan membawakan tema wayang yang berbeda-beda, di antaranya Kotagede dengan Rama Sinta,  Danurejan dengan Srikandi, Gondomanan dengan Kunti dan Kraton dengan Larasati.
   
Tema atau cerita wayang tersebut kemudian digambarkan oleh setiap peserta karnaval melalui kostum, properti hingga koreografi yang dipentaskan di sepanjang rute karnaval. 
   
“Kegiatan karnaval akan diawali dengan kendaraan hias Narasinga,” katanya. Narasinga adalah penjelmaan Dewa Wisnu dalam bentuk manusia berkepala singa dengan banyak tangan dan merupakan simbol dewa pelindung.
   
Yetty yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengatakan, gelaran Wayang Jogja Night Carnival diharapkan bisa masuk dalam kalender wisata nasional.
     
“Kami pun mengundang sejumlah biro perjalanan wisata di Indonesia dan sejumlah negara lain untuk menyaksikan kemeriahan karnaval sehingga bisa membatu promosi dan mendatangkan lebih banyak wistawan ke Yogyakarta,” katanya.
    
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024