Benarkah lotion anti-nyamuk bisa hilangkan goresan mobil ?

id mobil

Benarkah lotion anti-nyamuk bisa hilangkan goresan mobil ?

Ilustrasi mobil (Foto ANTARA/Sidik)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Hal tidak benar jika lotion anti-nyamuk dapat digunakan sebagai solusi sementara untuk menyamarkan goresan pada bodi mobil.

Christopher Sebastian selaku Presiden Direktur Topcoat, brand coating atau poles bodi kendaraan, menjelaskan penggunaan lotion anti-nyamuk justru merusak cat mobil karena tingkat keasaman yang tinggi.

Ia menjelaskan, lotion anti-nyamuk memiliki senyawa "filler" yang memang bisa menambal goresan, namun penggunaannya hanya sementara dan langsung hilang ketika mobil dicuci atau terkena air.

"Bukan untuk menghilangkan baret, tapi mungkin menyamarkan saja," kata Christopher Sebastian beberapa waktu lalu.

"Memang ada obat yang menggandung 'filler', yaitu untuk menambal. Jadi otomatis goresan akan terisi mengikuti warna cat, tapi bukan dengan losion anti nyamuk," kata dia.

Christopher menyarankan agar pemilik membawa kendaraan ke bengkel terpercaya untuk memperbaiki goresan pada bodi, ketimbang memolesnya dengan obat nyamuk itu.

"Losion anti nyamuk punya senyawa yang tinggi asamnya. Sangat tidak dianjurkan. Lebih baik dibawa ke bengkel saja," katanya.

Mitos penggunaan losion anti-nyamuk banyak beredar di kalangan sopir atau konsumen kendaraan sewaan yang ingin memperbaiki goresan dengan instan namun tidak mau mengeluarkan banyak biaya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024