Pentas nasional akhir tahun digelar di kawasan wisata untuk gaet turis

id wisata Bantul

Tempat wisata baru "Jurang tembelan" Pengunjung berada di kawasan wisata Jurang Tembelan Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/17.

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyiapkan pentas level nasional selama libur Desember 2018 hingga akhir tahun di kawasan wisata guna menarik kunjungan wisatawan.
    
Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Senin, mengatakan, seperti pengalaman tahun sebelumnya bahwa setiap libur akhir tahun bertepatan dengan musim hujan, namun untuk pentas wisata tetap diselenggarakan.
    
"Karena kan setiap akhir tahun jatuh di musim hujan, sehingga kita akan menyesuaikan, tetapi pentas di akhir tahun Insya Allah masih kita selenggarakan lagi, jadi untuk libur Natal dan Tahun Baru ada kegiatan di sana," katanya.
    
Pihaknya berharap, melalui pentas atau atraksi wisata level nasional selama libur Desember diharapkan bisa berdampak pada kunjungan wisatawan dan memperbesar pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.
    
"Harapannya memang untuk mencari tambahan PAD wisata, jadi pentas akhir tahun nanti (2018) juga tidak kalah tahun lalu, artinya levelnya masih pentas nasional," katanya.
    
Ia mengatakan, dengan upaya tersebut harapannya bisa mencapai target PAD dari sektor wisata tahun 2018 yang ditargetkan sebesar Rp26 miliar, dari yang sudah terealisasi hingga akhir September hampir sebesar Rp20 miliar.
    
"Mudah-mudahan tercapai kalau tidak ada hal-hal yang menjadi penghambat. Kalau kami masih meyakini tercapai, karena kita masih kurang Rp6 miliar. Hitungan kami kalau tiga bulan rata-rata Rp2 miliar," katanya.
    
Kwintarto mengatakan, pentas atau event wisata tingkat nasional diyakini mampu menarik kunjungan wisatawan, sehingga pada 2019 pentas nasional di kawasan wisata akan diperbanyak untuk makin mengenalkan pariwisata Bantul.
    
"Bahkan kita akan mencoba di tahun 2020 menuju Bantul Internasional Festival, artinya ada pagelaran yang tingkatannya bisa dimaknai secara internasional, makanya kita mulai persiapkan segala sesuatunya," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar