FT UGM dorong sivitas akademika hidup sehat

id kesehatan

FT UGM dorong sivitas akademika hidup sehat

Ilustrasi (istimewa)

Yogyakarta, 12/10 (Antara) - Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mendirikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular sebagai upaya mendorong seluruh sivitas akademika menerapkan pola hidup sehat.
     "Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) itu sebagai bentuk promosi hidup sehat bagi seluruh sivitas akademika baik mahasiswa, dosen maupun karyawan di Fakultas Teknik (FT) UGM," kata Dekan FT UGM Prof Nizam di Yogyakarta, Jumat.
     Usai meresmikan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) FT UGM, Nizam mengatakan pendirian Posbindu itu diharapkan dapat mendorong seluruh sivitas akademika untuk menjalani pola hidup sehat sehingga bisa mencegah kemunculan risiko penyakit tidak menular.
     "Hal itu sejalan dengan salah satu visi dari FT UGM, yakni mewujudkan sivitas akademika yang sehat dan sejahtera. Kegiatan perdana yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan kesehatan gratis, konsuling dan edukasi pola hidup sehat, serta pelantikan duta Health Promotion University (HPU)," katanya.
     Ia mengatakan, dari hasil "tracer study" terhadap lulusan FT UGM diketahui bahwa tidak sedikit lulusannya yang gagal diterima kerja karena faktor kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya berupaya untuk mendorong mahasiswanya menjalani pola hidup sehat.
     Untuk mendukung penerapan gaya hidup sehat di lingkungan kampus, pihaknya telah membangun sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan warga FT UGM untuk berolahraga, di antaranya "jogging track", lapangan basket, lapangan voli, panjat tebing, dan arena tenis meja.
     "Selain itu kami juga menyediakan kantin dengan makanan halal dan sehat serta menjaga lingkungan kampus bebas rokok," kata Nizam.
     Sementara itu, perwakilan tim HPU UGM Dr Supriyati mengatakan Posbindu PTM di FT UGM merupakan posbindu pertama yang diresmikan di UGM. Posbindu itu didirikan untuk mengubah pola hidup sivitas akademika ke arah hidup sehat.
     "Harapannya nanti di setiap fakultas maupun unit kerja di lingkungan UGM ada Posbindu untuk mempromosikan dan mendorong gaya hidup sehat baik secara fisik, mental maupun spiritual," katanya.
     Dalam peresmian Posbindu PTM di FT UGM itu juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pemeriksaan indeks massa tubuh, gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan asam urat. Pemeriksaan kesehatan itu akan dilakukan secara rutin setiap minggu sebagai upaya "screening" untuk mendeteksi dan penanganan penyakit.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024