Bupati: industri kreatif pilar perekonomian daerah

id industri kreatif

Bupati: industri kreatif pilar perekonomian daerah

Bupati Bantul Suharsono meninjau pameran Gelar Produk Industri Kreatif yang diadakan Dekranasda Bantul di Mall Yogyakarta (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul  (Antaranews Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono mengatakan sektor industri kreatif akan menjadi pilar perekonomian kabupaten ini pada masa akan datang, sehingga harus terus didorong keberadannya.
    
"Untuk itu kita perlu melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya mengandalkan sumber daya alam dan pertanian, menjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri kreatif," katanya di Bantul, Sabtu.
    
Upaya dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif di Bantul itu salah satunya dengan pameran Gelar Produk Industri Kreatif oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bantul pada 12 sampai 14 Oktober di Mall Yogyakarta.
    
"Pameran itu merupakan ajang yang strategis yang akan semakin mendorong dinamika industri kreatif di Bantul, serta menjadi pemantapan jati diri Kabupaten Bantul sebagai tempat berkembangnya industri kreatif," katanya.
    
Menurut dia, salah satu tantangan industri kreatif saat ini adalah promosi, sehingga gelar produk industri kreatif itu bisa sebagai wadah kreativitas para pelaku industri kreatif Bantul dan mendorong perkembangan usahanya.
    
"Kita ingin memberi ruang dan etalase khusus untuk memajang karya-karya mereka. Dengan demikian ajang itu akan memberi kesempatan para pelaku usaha kreatif di Bantul untuk bertemu konsumen langsung sekaligus bertransaksi," katanya.
    
Selain itu, kata dia, ajang tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing pelaku industri kreatif di Bantul, sehingga bisa kompetitif dengan produk industri kreatif kota besar lainnya yang telah mapan.
    
Namun demikian, Bupati mengharapkan kepada para perajin dan pelaku industri kreatif dalam memasarkan produk jangan pernah menunggu pembeli datang menemukan, namun melakukan jemput bola kepada pembeli.
    
"Apalagi saat ini interaksi antara penjual dengan pembeli semakin mudah dengan adanya fasilitas internet, seperti melalui e-dagang, e-commerce, online store dan website," katanya.
    
Sementara itu, Ketua Dekranasda Bantul Erna Kusmawati mengatakan, pameran Gelar Produk Industri Kreatif tersebut mengambil tema "Gelar Produk Industri Kreatif Terus Berkarya Menciptakan Produk Inovatif yang Berkualitas".
    
"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dekranasda Bantul dalam menjembatani kepentingan perajin, khususnya dalam fasilitasi sarana untuk mempromosikan dan menjual barang kerajinan hasil produksinya," katanya.