Masyarakat diimbau tidak sembarangan pilih klinik kecantikan

id kecantikan

Masyarakat diimbau tidak sembarangan pilih klinik kecantikan

Dr Gadis Frinawati (foto istimewa) (foto istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Masyarakat hendaknya tidak sembarangan memilih klinik perawatan kecantikan agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan dan membahayakan kesehatan, kata dokter kecantikan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Gadis Frinawati MPH.

"Masyarakat diharapkan memilih klinik perawatan kecantikan yang terpercaya dan di bawah pengawasan dokter. Sungguh berbahaya jika sembarangan memilih perawatan kecantikan karena banyak kejadian dan kasus bukan dokter yang mengaku dokter," kata Gadis di Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, zaman milenial seolah mewajibkan seseorang tampil dengan memperhatikan fisiknya. Tidak dipungkiri, menjamurnya klinik kecantikan yang menawarkan jasa perawatan membuat seseorang lebih percaya diri membuat masyarakat metroseksual menjadikannya kebutuhan wajib.

"Sayangnya tidak semua semua klinik kecantikan benar-benar ditangani secara profesional,  apalagi di bawah pengawasan dokter, karena iming-iming harga murah, serta program yang ditawarkan, tak jarang seseorang tergiur untuk memperoleh kecantikan secara instan, namun mengabaikan sisi kesehatan," katanya.

Menurut dia, tidak semua tindakan boleh dilakukan oleh seorang ahli kecantikan. Ada beberapa tindakan tidak boleh dilakukan oleh ahli kecantikan dan hanya bisa dikerjakan oleh seorang dokter.

Gadis mencontohkan, sulam alis maupun bibir, kedua hal itu boleh dilakukan oleh seorang ahli kecantikan, tetapi sebelum melakukan tindakan tersebut harus berkonsultasi dengan dokter.

"Saya menganggap estetika bukan hanya milik cewek, tetapi juga cowok, karena pada zaman milenial, maaf harus cakep, harus wangi, harus pinter. Jadi hal itu kombinasi yang bagus banget untuk bekerja, bertemu orang banyak, apalagi di depan layar, berhubungan dengan orang banyak, berkomunikasi, seperti customer service dan public relation," katanya.

Ia mengatakan, sebelum seseorang memutuskan mengambil tindakan mengubah penampilan, hendaknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, juga harus memilih klinik kecantikan yang terpercaya dan di bawah pengawasan dokter.

"Saat ini kecantikan bukan hanya milik perempuan saja, melainkan juga kaum pria. Era modern seperti saat ini menuntut seseorang untuk tampil sempurna, di mana pun berada," kata Gadis.

Sehubungan dengan hal itu, Gadis akan mengadakan "exhibition sulam alis and permanent make up" di bawah manajemen Ali Tatto Sulam serta "face-body treatment invansive and non-invansive" di bawah manajemen Sabrina Beauty Care di Hartono Mall Yogyakarta, 22-28 October 2018.

"Dalam pameran kecantikan tersebut kami juga akan melakukan demo untuk sulam alis dan bibir, serta 'face treatment' agar masyarakat dapat mengetahui perawatan yang aman," kata Gadis.
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024