Sleman gelar pelatihan konvensi hak anak

id pemkab sleman

Sleman gelar pelatihan konvensi hak anak

Kantor Pemerintah Kabupaten Sleman (Foto ANTARA/ags) (Foto ANTARA/ags/)


Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) menyelenggarakan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) guna mengoptimalkan kebijakan pemenuhan hak anak.
     
"Berbagai kebijakan, program dan kegiatan telah dibuat dan dilaksanakan di seluruh tingkat wilayah, namun pemenuhan hak dan perlindungan anak belum dapat dilakukan secara maksimal, hal inilah yang mendorong kami untuk menyelenggarakan pelatihan konvensi hak anak," kata Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini pada pembukaan pelatihan di Sleman, Senin.
     
Menurut dia, pelatihan yang berlangsung selama 10 hari ini diikuti sebanyak 500 peserta yang diperuntukkan bagi Aparat Penegak Hukum (APH), pengelola Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), Gugus Tugas Desa Ramah Anak, Gugus Tugas KLA Kabupaten dan Kecamatan serta tenaga kesehatan di Kabupaten Sleman.
     
"Anak merupakan awal mata rantai yang sangat menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa di masa depan," katanya.
     
Ia mengatakan, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, eksploitasi, penelanantaran, penganiayaan, ketidakadilan, dan perlakuan salah lainnya.
     
"Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mendorong para peserta untuk melakukan upaya-upaya perlindungan pemenuhan hak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaga atau instansi masing-masing," katanya.
     
Mafilindati menambahkan bahwa hasil yang diharapkan dicapai dalam pelatihan ini yaitu para peserta dari berbagai lembaga dapat terlatih KHA sebagaimana dipersyaratkan dalam indikator pengembangan program Kabupaten Layak Anak.
         
Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LSPPA), Yayasan SATU NAMA, Yayasan SAMIN, Lembaga PILAR, dan PUSPAGA  Kabupaten Sleman.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024