Polres Bantul melibatkan 1.016 personel pengamanan pemilu

id Polres bantul

Apel Kesiapan Alat Angkutan dan Alat Khusus Pengamanan Pemilu 2019 di Mapolres Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melibatkan 1.016 personel dalam pengamanan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 di wilayah hukum setempat.

"Sebanyak 1.016 personel tersebut meliputi 762 orang dari Polres dan 254 dari Polda DIY," kata Kepala Polres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan di sela apel kesiapan alat angkutan dan alat khusus pengamanan Pemilu 2019 di Bantul, Jumat.

Menurut dia, seluruh personel kepolisian tersebut akan disiagakan di seluruh Bantul termasuk semua tempat pemungutan suara guna menjamin kelancaran dan keamanan proses penggunaan hak pilih dan penghitungan suara.

Ia mengatakan, pola pengamanan TPS untuk TPS aman melibatkan dua anggota polri dan 10 anggota linmas untuk lima TPS, kemudian TPS rawan satu, terdiri dua polri dan empat linmas dua TPS, dan TPS rawan dua, dua polri dan empat linmas satu TPS.

"Di wilayah Bantul ada lima TPS rawan, antara lain TPS Dusun Geger dan Sorotopo, Kecamatan Pundong, TPS dusun Ngliseng Desa Munthuk Dlingo, TPS Dusun Sungapan Desa Argodadi Sedayu dan TPS dusun Kuden Desa Sitimulyo Piyungan," katanya.

Kapolres mengatakan, dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu 2019 agar semua personel menyiapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

"Sehingga, dapat menampilkan jati diri Polri sebagai sosok penolong, sahabat, pelayan masyarakat, serta penegak hukum yang jujur benar, adil, transparan dan akuntabel," katanya.

Dia juga mengatakan, jajarannya memetakan setiap kerawanan serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen, didukung bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat.

"Sehingga, setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu, dapat diantisipasi sedini mungkin, dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas," kata Kapolres.

Selain itu, kata dia, memperkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI dan segenap komponen masyarakat guna mewujudkan sinergi polisional yang proaktif dalam rangka pengamanan Pemilu 2019.


(KR-HRI) 19-10-2018 14:05:09

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar