111 tonti ikuti lomba baris berbaris Bupati Sleman

id pelajar

111 tonti ikuti lomba baris berbaris Bupati Sleman

Ilustrasi Pelajar SMP baris (FOTO ANTARA/Nur Kartika/ags/13.)

Sleman (Antaranews Jogja) - Sebanyak 111 peleton inti mengikuti lomba baris berbaris (LBB) tingkat SMP/MTs/SMA/SMK/MA se-Kabupaten Sleman yang memperebutkan Piala Bupati Sleman di Lapangan Pemda Sleman, Sabtu.
     
Lomba yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman tersebut dibuka Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang ditandai dengan pemukulan gong serta penyerahan piala Bupati secara simbolis kepada Sri Muslimatun.
     
"Lomba tahun ini diikuti oleh 111 Tonti yang terdiri dari 28 tim putra dan 45 tim putri pada tingkat SMP/MTs. Sedangkan pada tingkat SMA/SMK/MA diikuti oleh sebanyak 18 tim putra dan 26 tim putri," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Agung Armawanta.
     
Menurut dia, penyelenggaraan kegiatan LBB ini bertujuan untuk menanamkan kedisplinan dan nasionalisme kepada generasi muda.
     
"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membiasakan berpenampilan rapih dan sopan, meningkatkan kemampuan memimpin dan dipimpin serta membina kekompakan dan kerjasama," katanya.
     
Ia mengatakan, seluruh regu yang ikut serta dalam LBB ini akan dilakukan penilaian terhadap kekompakannya, kepatuhan kepada komando, keseragaman dalam arti estetika dan keserasian gerakan.
     
"Secara umum seperti itu penilaiannya, namun ada penilaian lain yang menjadi penilaian tersendiri seperti seragam atau kostum yang dikenakan setiap regu serta komandan terbaik dan lainnya," katanya.
   
Agung mengatakan, seluruh penilaian dilakukan tim juri yang telah disiapkan Dispora Sleman serta dilakukan di setiap pos yang mengelilingi wilayah Lapangan Pemda Sleman.
   
 "Di setiap pos tersebut setiap regu pun menampilkan berbagai keahlian baris berbarisnya," katanya.
     
Dalam kegiatan LBB ini, seluruh peserta memperebutkan juara bergilir dengan penghargaan piala Bupato Sleman. Selain itu juga dalam setiap kategori penilaian, terdapat sejumlah penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan.
     
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan kegiatan LBB ini patut untuk didukung karena berdampak positif bagi pembentukan karakter bagi generasi penerus bangsa. Mengingat penyelenggaraan LBB ini dapat dimanfaatkan untuk melatih para pesertanya untuk bersikap disiplin, sportif, kompak dan memiliki rasa kebersamaan.
     
"Dalam baris berbaris juga ada pelajaran kepemimpinan yang dapat diambil yakni terkait nilai ketegasan, serta kemampuan untuk mengelola seluruh anggota termasuk di dalamnya kelebihan maupun kekurangan anggotanya sehingga mampu menyeragamkan seluruh kemampuan anggota menjadi satu kesatuan yang padu," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024