Bima Sakti resmi latih Timnas Indonesia gantikan Luis Milla

id bima sakti

Bima Sakti resmi latih Timnas Indonesia gantikan Luis Milla

Bima Sakti (tengah) (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Bima Sakti, asisten pelatih tim nasional sepak bola U-23 saat Asian Games 2018, resmi melatih tim nasional senior Indonesia menggantikan pelatih sebelumnya Luis Milla.

Keputusan itu diambil berdasarkan keputusan komite eksekutif Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang diumumkan Minggu. Bima pun akan menjalankan tugas pertamanya pada Piala AFF 2018, 8 November-19 Desember 2018.

"Selamat bertugas untuk Pelatih Bima Sakti dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih Luis Milla atas dedikasi dan kerja samanya selama satu setengah tahun," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu.

PSSI pun berharap Bima Sakti dapat memberikan prestasi terbaik di Piala AFF 2018. Di Piala AFF, Indonesia belum sekalipun menjadi juara dan asa untuk gelar pertama kini digantungkan di timnas asuhan Bima Sakti.

"Ini menjadi momentum bagus untuk PSSI. Pemilihan Bima Sakti sesuai arahan ketua umum Edy Rahmayadi yang memercayakan pelatih timnas Indonesia kepada sosok pelatih muda," kata Joko.

Bima Sakti sendiri mengaku bangga dapat mengemban tugas sebagai pelatih timnas Indonesia. Meski demikian, pelatih berusia 42 tahun ini mengakui tugasnya tidak mudah. Namun dia tetap optimistis menunaikan tugas dengan baik.

"Terima kasih kepada PSSI yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai pelatih timnas Indonesia. Awal November 2018 kami akan kembali melakukan pemusatan latihan untuk Piala AFF 2018. Kami, tim pelatih, sudah melakoni latihan sejak lama dengan pemain dan saling mengenal baik. Jadi kami optimistis meraih prestasi di Piala AFF," tutur Bima.

Bagi Bima Sakti, ini adalah pertama kalinya dia menjadi pelatih tetap timnas senior Indonesia. Sebelumnya, Bima bertugas sebagai asisten pelatih timnas U-23 Indonesia dan timnas senior Indonesia yang ditangani pelatih kepala Luis Milla sejak tahun 2017.

Sepeninggal Luis Milla mulai Agustus 2018, Bima Sakti menjadi pelatih sementara timnas Indonesia dan sempat menangani timnas di tiga laga persahabatan internasional resmi FIFA yakni menghadapi Mauritius, Myanmar dan Hong Kong.

Dari tiga laga tersebut, timnas mencatatkan dua kemenangan yakni dari Mauritius (dengan skor 1-0) dan Myanmar (3-0) serta sekali imbang 1-1 dengan Hong Kong.

Pada bulan Maret 2018, Bima Sakti juga pernah melatih timnas U-19 Indonesia dan menjalani satu laga kontra Jepang dengan hasil Indonesia kalah 1-4. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024