40 persen pendaftar CPNS di Yogyakarta gagal seleksi administrasi

id Cpns, yogyakarta, seleksi administrasi

40 persen pendaftar CPNS di Yogyakarta gagal seleksi administrasi

Pendaftar sedang mengikuti tes CPNS (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sekitar 40 persen dari total pendaftar yang memasukkan lamaran calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta terpaksa tidak dapat melanjutkan seleksi ke tahap berikutnya setelah dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi.
   
“Dari 11.027 pendaftar yang mengajukan lamaran, sebanyak 6.596 dinyatakan lolos seleksi administrasi namun 4.431 pelamar tidak lolos seleksi,” kata Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Yogyakarta Ary Iryawan di Yogyakarta, Senin.
   
Beberapa faktor yang menyebabkan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi di antaranya, tidak teliti saat membuat surat lamaran seperti tidak ditulis tangan, tidak ditujukan ke wali kota, tidak menyebut nama jabatan serta tidak dibubuhi materai.
   
Akibat adanya pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi, jumlah formasi yang kosong pun bertambah. Jika sebelumnya hanya ada 10 formasi jabatan tanpa pelamar, maka jumlah formasi yang kosong setelah seleksi administrasi diumumkan pun bertambah.
   
Di tenaga kesehatan, dari 152 formasi yang disediakan, terdapat 2.316 pelamar namun hanya 1.660 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat.
   
Di antara pelamar yang tidak memenuhi syarat terdapat dua pelamar untuk formasi dokter spesialis. Padahal, dari 12 formasi dokter spesialis yang dibuka hanya ada tiga pelamar yang mendaftar yaitu masing-masing satu pelamar untuk dokter spesialis mata, rehabilitasi medik dan urologi.
   
Berdasarkan hasil seleksi administrasi, hanya satu pelamar yang dinyatakan memenuhi ketentuan syarat adminitrasi yaitu dokter spesliasi urologi, akibatnya 11 formasi dokter spesialis tidak terisi pelamar.
   
Sementara itu, dari 112 formasi guru yang dibuka terdapat 2.316 pelamar dan hanya 1.285 pendaftar yang lolos administrasi, sedangkan untuk tiga formasi K2, seluruhnya dinyatakan memenihi syarat administrasi.
   
Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan menjalani seleksi kompetensi dasar. Pelamar pun diminta mencetak kartu ujian dan apabila belum berhasil diminta tetap mengikuti berbagai perkembangan di laman pendaftaran calon pegawai negeri sipil yang dikelola BKN.
   
“Meskipun hanya ada satu pelamar di formasi tertentu, mereka tidak bisa langsung diangkat sebagai CPNS. Tetap harus menjalani tahapan yang sudah ditetapkan,” katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024