Pemain Timnas Indonesia U-19 pulihkan mental dan fisik

id timnas

Pemain tim nasional U-19 Indonesia Egy Maulana Vikri (kedua kanan) menggiring bola dibayangi tiga pemain Timnas Taiwan dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10/2018). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj. (.))

Jakarta (Antaranews Jogja) - Untuk memulihkan kebugaran dan stamina para pemain Tim Nasional Indonesia U-19 menjalani pemulihan kondisi fisik dan mental dengan berenang di hotel tempat mereka menginap, di Jakarta, Senin, usai menjalani laga ketat kontra Qatar di Grup A Piala U-19 Asia, Minggu (21/10), yang berakhir 6-5 untuk kemenangan Qatar.

Kegiatan di kolam renang merupakan inisiatif dari tim karena sejatinya pada Senin (22/10) dalam jadwal resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), timnas U-19 Indonesia diagendakan berlatih di Lapangan Sepak Bola B Gelora Bung Karno, Jakarta, mulai pukul 15.30 WIB-17.30 WIB. 

"Laga kemarin cukup melelahkan, jadi pelatih fisik  merekomendasikan untuk pemulihan fisik dan mental di kolam renang," ujar pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri usai mengawasi anak-anak asuhnya berenang. 

Pelatih asal Sumatera Barat itu menyebut, staf pelatih membebaskan pemain untuk melakukan apa saja yang mereka suka di kolam renang.

Sebagai informasi, saat berhadapan dengan Qatar, lima gol dari Muhammad Luthfi Kamal (28'), Todd Ferre (65', 72' dan 80'), serta Saddil Ramdani (68') membuat Indonesia memperkecil kedudukan menjadi 5-6 setelah tertinggal 1-6 sampai 20 menit babak kedua berjalan. 

Qatar sendiri membuat gol melalui Hashim Ali (10', 50'), Abdulrasheed Umaru (14', 41', 56) dan Mohammed Waad (23').

Sementara untuk pemain yang tidak berlaga kontra Qatar, Indra Sjafri memberikan menu khusus di lapangan bola basket di sekitar hotel. 

"Itu untuk menjaga fisik mereka agar tetap sama dengan yang lain," kata dia. 

Berdasarkan pantauan, kegiatan timnas U-19 Indonesia di kolam renang hotel penuh dengan canda tawa. Para pemain terlihat santai dan akrab satu sama lain. 

Menurut Indra Sjafri situasi mental pemain memang semakin bagus setelah dapat memperkecil kedudukan dari 6-1 menjadi 6-5 ketika bersua Qatar.

"Mental pemain bagus dan mereka semakin percaya diri karena kami mampu mengejar ketinggalan," tutur Indra. 

Berikutnya, pada Selasa (23/10), Indonesia akan menjalani latihan di lapangan sepak bola A Gelora Bung Karno, Jakarta, sebelum menghadapi laga pamungkas Grup A Piala U-19 Asia 2018 menghadapi Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/10). 

"Latihan kami mulai pukul 07.00 WIB," kata Indra. 

Timnas U-19 Indonesia sendiri saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala U-19 Asia 2018 dengan tiga poin dari dua laga. Sementara Qatar bertengger di peringkat kedua juga dengan tiga poin, tetapi unggul "head to head" dari Indonesia. 

Adapun Uni Emirat Arab menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan mengoleksi enam poin dan Taiwan menjadi juru kunci setelah tak mampu memenangi dua pertandingan yang telah dijalani.
 

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar