Gunung Kidul gelar "Geopark Night Specta" untuk gaet turis

id Mulo

Gunung Kidul gelar "Geopark Night Specta" untuk gaet turis

Salah satu geosite di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lembah Mulo. Rencananya akan dijadikan pintu penataan geosite yang diharapkan menjadi geopark dan diakui UNESCO. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul mennggelar "Geopark Night Specta #3" di Kawasan Geosite Ngingrong, Desa Mulo, Wonosari, 27 - 28 Oktober 2018.
     
"Geopark Night Specta dalam rangka peringatan penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark," kata Kepala Bidang Pemasaran dan Bina Usaha Dinas Pariwisata Gunung Kidul  Yuni Hartini di Gunung Kidul, Kamis.
     
Acara yang akan dikonsep perpaduan seni tradisi, instrumen gamelan, dan orkestra menampilkan bintang tamu Dimas Tejo dan artis nasional Didi Kempot. Tak lain acara itu juga diharapkan mampu meningkatkan perkembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.
   
 "Dengan diselenggarakan kegiatan ini, pengembangan destinasi wisata semakin maju dan berkembang," kata Yuni.
   
Menurut dia, Geosite Ngingrong juga dikemas sebagai destinasi Pasar Digital yang dibuka setiap Sabtu dan Minggu sekitar 06.00 - 12.00 WIB dengan aktifitas kuliner, flying fox, jemparingan, dan ATV.
     
"Pasar ini juga menjaga mengedepankan kearifan lokal dengan menyajikan menu khas jajan pasar dan menjaga kelestarian budaya," papar Yuni.
     
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata DIY Aria Nugrahadi mengatakan event Geopark Night Spectra #3 akan dilakukan dibeberapa titik tampat. Selain di Ngingrong juga akan digelar festival selancar di Pantai Wediombo dan gelar festival pasar digital di Telaga Jonge.
     
"Tujuan adanya acara ini menumbuhkan "multipleyer effect" bagi masyarakat dan pada umumnya bagi Gunung Kidul," ujarnya. 
     
Diketahui bahwa di Gunungkidul telah memiliki 13 situs yang masuk dalam kawasan Gunung Sewu Global Geopark Network. Hal itu diharapkan mampu meningkatkan perkembangan destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul.