Nusantara Peduli buka dapur umum di Palu

id gempa palu

Nusantara Peduli buka dapur umum di Palu

Pengungsi akibat gempa Palu (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Nusantara Peduli membuka posko yang dilengkapi dapur umum untuk membantu memenuhi kebutuhan para korban gempa bumi dan tsunami di Dusun Uwentumbu Rt 03/Rw 01 Kelurahan Kawatuna, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah.
     "Dapur umum itu menyediakan 600 nasi bungkus, air mineral, dan kebutuhan logistik lainnya setiap hari untuk para korban gempa bumi dan tsunami," kata Manajer Nusantara Peduli area Yogyakarta Adi Qulbi di Yogyakarta, Kamis.
     Selain dapur umum, menurut dia, Nusantara Peduli juga menyalurkan bantuan 100 paket barang-barang kebutuhan pokok dan bantuan logistik lainnya serta memfasilitasi layanan "trauma healing" bagi anak-anak dan orang tua.
     "Kami ingin membantu proses pemulihan kondisi para korban dengan 'trauma healing', pemenuhan barang-barang logistik, dan pembangunan wilayah terdampak gempa tsunami berupa pembangunan hunian sementara (huntara) yang akan dilakukan beberapa hari ke depan," katanya.
     Ia mengemukakan, saat ini baru dua huntara yang dibangun. Dalam waktu dekat diharapkan bisa menambah huntara dan bantuan logistik lainnya.
     "Dampak gempa dan tsunami menyebabkan kerusakan yang sangat besar, kepedulian dan uluran tangan masyarakat di luar Palu diharapkan dapat meringankan "ujian" yang mereka hadapi," katanya.
     Ia mengatakan Nusantara Peduli hingga kini masih terus menggalang dana untuk para korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya.
     "Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membantu para korban gempa dan tsunami, baik berupa bantuan logistik maupun donasi," kata Adi.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar