"Tour de Prambanan 2018" promosikam wisata Sleman

id Candi prambanan

Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta. ANTARA/Dokumentasi Panitia/18.

Sleman  (Antaranews Jogja) -Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen untuk terus mempromosikan budaya serta potensi pariwisara yang ada di wilayah setempat salah satunya melalui event  "Tour de Prambanan 2018-100 Km" yang diadakan, Minggu.
     
Kegiatan olahraga bersepeda tersebut dengan mengamnik start dan finish di kawasan Candi Prambanan, Sleman.
     
Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan event ini diadakan karena Pemkab Sleman merasa optimistid dengan potensi yang besar pada sektor pariwisata di Kabupaten Sleman.
     
"Kekayaan budaya dan keelokan alam di Kabupaten Sleman akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pesepeda yang mengikuti kegiatan tersebut," katanya.
     
Dia berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan agar gairah pariwisata di Kabupaten Sleman terus meningkat.
     
"Ini juga merupakan respon kami terhadap kebutuhan masyarakat akan adanya Sport Tourism," katanya.
     
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan bahwa Tour de Prambanan ini merupakan bagian dari promosi Pariwisata Kabupaten Sleman sebagai destinasi Sport Tourism yang menargetkan peserta baik dari lokal maupun manca negara.
   
 "Kegiatan ini berhasil menarik animo masyarakat yang cukup tinggi. Hingga ditutupnya waktu pendaftaran jumlah peserta yang masuk sebanyak 850 orang, melebihi target semula yang hanya 500 peserta," katanya
     
Ia mengatakan, peserta didominasi oleh Club Road Bike Indonesia dan selebihnya adalah peserta perorangan.
     
"Tour de Prambanan tahun ini mengusung tema 'Olahraga dan Pariwisata untuk Peradaban Baru'. Ini merupakan event kedua setelah sukses diselenggarakan pada 2017," katanya.
     
Rute yang ditempuh peserta dalam event ini sejauh 100 Km mengelilingi Kabupaten Sleman. Dalam event ini juga dipertandingkan kejuaraan khusus King and Queen of Mountain. Yaitu peserta diadu kekuatan dan kecepatan untuk rute mendaki dengan start di perempatan Sedogan Kecamatan Tempel dan finish di Bunker Tunggularum, Kecamatan Turi.
     
Kategori lomba lainnya dalam event Tour de Prambanan 2018 ini meliputi Class under 35, Class under 35-45, Class 46-55, Class 56 up, Class Female Hobbyist, Class Male Athlete, Class Female Athlete. Total hadiah yang diperebutkan yakni sebesar Rp100 juta.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar