Sleman beri penghargaan Sapta Pesona Pariwisata

id Sapta pesona

Sleman beri penghargaan Sapta Pesona Pariwisata

Bupati Sleman Sri Purnomo menyerahkan penghargaan lomba Sapta Pesona kepada pelaku jasa hotel dan restoran. (Foto Antara/Dinas Pariwisata Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata memberikan penghargaan kepada 15 tempat usaha di sektor pariwisata yang terdiri dari hotel berbintang dan nonbintang dan Restoran di wilayah Sleman dalam lomba Sapta Pesona.
     
Penghargaan diserahkan secara langsung Bupati Sleman Sri Purnomo di Hotel Alana Yogyakarta, Senin.
     
Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih mengatakan pemberian penghargaan tersebut merupkan bentuk apresiasi Pemkab Sleman kepada pelaku usaha pariwisata yang ada di wilayah kabupaten sleman khususnya hotel dan restoran.
     
"Pemberian penghargaan kepada hotel dan restoran ini merupakan hasil dari penyelenggaraan Lomba Sapta Pesona dimana pesertanya merupakan hotel dan restoran yang taat akan pelaksanaan perizininan dan penyetoran pajaknya," katanya.
     
Adapun sejumlah hotel dan restoran tersebut yang mengikuti Lomba Sapta Pesono yaitu 10 hotel nonbintang, empat hotel bintang, dan 10 restoran.
     
Seluruh peserta tersebut dapat mengikuti Lomba Sapta Pesona dengan dilandaskan pada data pembayaran pajak selama tahun 2017 yang bersumber dari BKAD Sleman, serta dari dokumen perizinan yang dimilikinya.
     
"Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk menguatkan keberadaan usaha pariwisata di Sleman terkait penerapan Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan. Selain itu juga sebagai bentuk apresiasi ketaatan pelaksanaan perizinan dan penyetoran pajak," katanya.
   
Ia megatakan, dari sejumlah peserta yang mengikuti penilaian lomba sapta pesona tersebut, masing-masing kategori (hotel nonbintang, hotel berbintang dan restoran) meyisakan juara yang terbagi menjadi juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1 dan 2.
     
"Pemenang dari masing-masing kategori yaitu dengan kategori  hotel berbintang juara 1 diberikan kepada Alana Hotel, juara 2 kepada Hyatt Regency dan juara 3 diberikan kepada Atrium Premier hotel. Sedangkan untuk kategori Hotel Nonbintang juara 1 diberikan kepada Tiger, juara 2 Sambi Resort, dan juara 3 Front One," katanya.
     
Sedangkan untuk kategori restoran, juara 1 diberikan kepada Bornga, juara 2 Sasanti dan juara 3 diberikan kepada Westlake.
     
Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.
     
"Lomba yang baru pertama kali diselenggarakan merupakan salah satu upaya dalam mengevaluasi realisasi dari Sapta Pesona oleh pelaku usayha pariwisata," katanya.
     
Ia mengatakan, sebagai daerah tujuan wisata, pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Sleman menjadi salah satu priotitas utama yang akan ters dikembangkan. Sektor pariwisata sendiri melibatkan banyal pihak atau stakeholder dan juga masyarakat pada umumnya.
     
"Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kita berupaya untuk mengoptimalkan upaya peningkatan kualitas pelayanan pada wisatawan agar mereka mendapatkan kesan yang tak terlupakan setlah berkunjung ke sleman," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar