Bantul fasilitasi pengrajin pameran di Arab Saudi

id Kerajinan Bantul

Bantul fasilitasi pengrajin pameran di Arab Saudi

Sentra industri kerajinan gerabah Kasongan Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memfasilitasi sejumlah pengrajin daerah ini untuk mengikuti pameran kerajinan di Arab Saudi akhir November 2018.
     
Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bantul Sulistyanto di Bantul, Kamis, mengatakan, telah mendapatkan informasi dari Konsulat RI di Jeddah, Arab Saudi, bahwa negara tersebut akan mengadakan ekspo yang menampilkan produk-produk kerajinan dari Indonesia. 
     
"Jadi yang akan ditampilkan adalah produk-produk Indonesia yang punya peluang di pasaran di Arab Saudi dan Timur Tengah, ini rutin. Dan kebetulan pada 2018 secara khusus Bantul diundang untuk mengikuti event ini," katanya.
   
Pameran kerajinan di Arab Saudi itu akan digelar pada 27 November sampai 1 Desember 2018. Dan untuk persiapan mengikuti pameran itu, pada Kamis (1/11) pihaknya melakukan audiensi dengan asosiasi perajin dan Kadin Bantul.
     
Ia mengatakan, ada sejumlah pengrajin dari beberapa asosiasi yang difasilitasi untuk ikut pameran internasional tersebut, diantaranya mereka dari asosiasi pengusaha mebel, asosiasi perajin kayu dan asosiasi pengusaha makanan dan minuman.
     
"Memang tidak semua kabupaten di Indonesia diundang, jadi mereka (Arab Saudi) sudah punya peta, produk dari (negara) mana yang bisa masuk ke pasar Timur Tengah. Dan dari Bantul ada produk unggulan yang punya peluang pasar," katanya. 
     
Beberapa produk unggulan Bantul yang sudah merambah pasar ekspor atau pasar luar negeri diantaranya kerajinan gerabah dan keramik, kerajinan kayu mebel atau furniture serta produk aneka makanan dan minuman yang sudah dikenal masyarakat luas.
     
Sulistyanto mengatakan, keikutsertaan pengrajin Bantul dalam pameran internasional di Arab Saudi akhir November ini merupakan yang pertama difasilitasi dinas, sebelumnya fasilitasi untuk mengikuti pameran dilakukan di beberapa negara di Asia Tenggara.
     
"Kalau sifatnya dari pemerintah kabupaten ke Arab Saudi ini baru pertama, namun kalau (fasilitasi) dari teman-teman kementerian sudah sering, dan tawaran juga banyak. Pemda respons positif dan yang akan mimpin Pak Wabup Bantul pengantar dari saya," katanya.