Presiden Joko Widodo fokus tingkatkan pendidikan vokasi

id jokowi

Presiden Joko Widodo  fokus tingkatkan pendidikan vokasi

Presiden Joko Widodo (Foto ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Pendidikan vokasi di Indonesia tetap menjadi fokus meskipun angka pengangguran menurun dalam beberapa tahun terakhir ini sehingga wajib disyukurii dan harus ditekan agar lebih rendah lagi, kata Presiden Joko Widodo. .

"Persentase itu wajib kita syukuri, menurun tapi masih di atas lima persen," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa.

Ia mengakui ada penurunan angka pengangguran hanya saja memang jumlahnya masih di atas  lima persen.

Artinya bahwa meski terjadi penurunan, namun harus diakui perlu kerja lebih keras agar angka pengangguran dapat ditekan lebih rendah.

"Angka menurun tapi masih, jumlahnya masih di atas lima persen lebih sedikit," katanya.

Untuk itu, Mantan Gubernur DKI itu menekankan pentingnya perbaikan kualitas vocational training (pelatihan kejuruan), sekolah vokasi, dan sejenisnya di Indonesia.

Menurut Presiden, hal itu masih akan menjadi fokus ke depan pemerintahannya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air.

"Saya sampaikan vocational training, vocational school masih sebuah fokus kita, konsentrasi kita untuk memperbaiki kualitasnya sehingga SDM kita siap masuk dunia kerja," katanya.

Ia menambahkan, sejumlah kerja sama dengan berbagai negara seperti Jerman sebagai salah satu negara yang terdepan dalam hal vocational training-nya juga terus dikembangkan.

"Dan kerja sama kita dengan Pemerintah Jerman terus berlanjut. Kemarin misalnya dari Siemen mau bantu kita di bidang vocational training ini," katanya.