Stasiun Tugu Yogyakarta dilengkapi toilet portabel

id Toilet,portabel, stasiun tugu

Stasiun Tugu Yogyakarta dilengkapi toilet portabel

Ilustrasi toilet portabel yang akan ditempatkan di Stasiun Tugu Yogyakarta (Humas KAI Daop 6)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Stasiun Tugu Yogyakarta terus berbenah dengan menambah fasilitas untuk kenyamanan seluruh penumpang maupun pengantar dengan menambah toilet portabel yang akan ditempatkan di Zona 3 atau di area luar stasiun.
   
“Banyak keluhan yang masuk ke PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta karena masyarakat sulit mencari toilet di luar area stasiun. Keluhan itu justru melahirkan ide untuk berinovasi,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Rabu.
   
Menurut dia, ide untuk membuat toilet portabel yang bisa dipindahkan dengan mudah tersebut berawal dari Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 6 Eko Purwanto yang kemudian dieksekusi oleh Balai Yasa Yogyakarta.
   
Tidak adanya fasilitas toilet di luar area Stasiun Tugu Yogyakarta, lanjut Eko, disebabkan adanya kekhawatiran PT KAI Daop 6 karena toilet di luar area stasiun biasanya tidak terawat dan kesadaran pengguna toilet kurang.
   
“Penggunanya pun bukan hanya penumpang tetapi banyak orang dan seringkali justru dikomersilkan oleh oknum tidak berhak. Alasan-alasan itulah yang menyebabkan kami tidak membangun toilet di luar area stasiun,” katanya.
   
Namun, kata Eko, banyaknya keluhan yang disampaikan masyarakat membuat PT KAI Daop 6 memilih tidak mempertahankan alasan-alasan tersebut dan mulai memikirkan untuk memberikan fasilitas guna meningkatkan kenyamanan. 
   
“Keluhan itu harus ditindaklanjuti dan kemudian bisa diwujudkan dalam bentuk toilet ini,” katanya.
   
Saat ini, toilet portabel tersebut sudah selesai dikerjakan dan akan segera difungsikan. Toilet berukuran 1,45x1x1,95 meter tersebut akan didominasi warna hijau.
   
Toilet tersebut memiliki empat bilik berupa toilet duduk, masing-masing dua untuk perempuan dan dua untuk laki-laki, serta dilengkapi dengan wastafel di bagian tengah dan tangga lipat dari stainless.   
   
Toilet juga akan dilengkapi penampung air berukuran 2x200 liter dan 2x250 liter serta genset 2,5 kW.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024