Minat masyarakat manfaatkan pojok konsultasi UKM tinggi

id Pojok ukm

Pelaku UMKM sedang konsultasi pengembangan usaha di Pojok Konsultasi UKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. (Foto Antara/ Dinkop UKM Sleman)



Sleman  (Antaranews Jogja) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat minat masyarakat dalam memanfaatkan layanan Pojok Konsultasi UKM tinggi sehingga layanan ini akan dikembangkan menjadi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

     

"Sejak diluncurkan pada April 2018, layanan Pojok Konsultasi UKM mendapat antusiasme tinggi masyarakat pelaku usaha mikro dan kecil. Kami mencatat sudah ada sekitar 250 pelaku UKM yang memanfaatkan layanan konsultasi tersebut," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Pustopo di Sleman, Kamis.

     

Menurut dia, melihat respon yang positif tersebut, pihaknya pada tahun depan berencana mengembangkan Pojok UKM menjadi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

   

 "Rencana kami tahun depan, Pojok UKM sudah dapat difungsikan sebagai PLUT dan ada pelayanan model kelas dengan tema-tema tertentu dalam setiap pertemuannya," katanya.

     

Ia mengatakan, dengan dikembangkan sebagai pusat layanan, pembinaan UKM bisa dilakukan secara terintegrasi. Disebutkan.

     

"Di Pemkab Sleman setidaknya terdapat 11 SKPD yang berwenang membina UKM. Namun pelaksanaannya selama ini masih berjalan sendiri di masing-masing instansi," kayanya.

     

Pustopo mencontohkan, UKM yang berkaitan sektor pengolahan, kegiatan pembinaannya dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Sedangkan usaha yang bergerak di bidang pariwisata, dibina oleh Dinas Pariwisata.

     

"Dengan adanya PLUT nantinya pembinaan akan diintegrasikan sehingga bisa mengakomodir pelaku usaha secara keseluruhan," kayanya.

     

Ia mengatakan, dengan pembinaan UKM yang belum terintegrasi tersebut pemanfaatan dana APBD kurang optimal jika pembinaannya tidak dilaksanakan secara terpadu.

     

'Contohnya, kami mempunyai alokasi dana penguatan modal tapi hanya segelintir UKM yang memanfaatkannya," katanya.

     

Kehadiran Pojok UKM, kata dia, memberi banyak manfaat bagi para pelaku usaha. Disamping berkonsultasi seputar pengembangan usaha, para pelaku UKM juga berkesempatan mendapat pendampingan dan fasilitasi menyangkut pengetahuan bisnis.

     

"Layanan Pojok UKM ini tidak melulu menyasar pelaku UKM tapi juga koperasi. Dengan dikembangkan jadi PLUT nantinya pelayanan akan lebih komprehensif," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar