Masyarakat mempunyai peran mengevaluasi tata ruang wilayah Sleman

id Bupati Sleman

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo menyatakan masyarakat memiliki peranan yang penting
mengevaluasi penyelenggaraan tata ruang wilayah yang dilakukan pemerintah daerah setempat.
     
"Pemerintah harus berintegrasi dengan masyarakat dalam pengelolaan tata ruang di Kabupaten Sleman. Masyarakat adalah pengawas sekaligus evaluator atas pelaksanaa tata ruang," kata Sri Purnomo pada Peringatan Hari Tata Ruang di Sleman, Kamis.
     
Menurut dia, pemerintah sebagai pembuat regulasi, kemudian masyarakat harus mengevaluasi dan mengawasi sejauh mana praktek regulasi tersebut dilaksanakan di masyarakat terkait tata ruang.
     
"Kami mempersilakan masyarakat yang ingin mengakses informasi terkait regulasi tata ruang di wilayah Sleman," kayanya.
     
Ia mengatakan, masyarakat luas dapat mengakses layanan tata ruang di nomor 081214504224 melalui aplikasi WhatsApp.
     
"Bagi yang ingin melaporkan terkait penyimpangan-penyimpangan yang ada di lapangan juga bisa melalui nomor tersebut. Ini adalah upaya dari keterbukaan kami," katanya.
     
Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman Muhammad Sugandi mengadakan peringatan Hari Tata Ruang tingkat Kabupaten Sleman diisi dengan seminar yang mengangkat tema "Penataan Ruang Untuk Pembangunan Berkelanjutan".
     
"Acara tersebut diadakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penataan ruang bagi pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Sleman," katanya.
     
Ia berharap dengan peringatan Hari Tata Ruang tersebut dapat dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelaksanaan tata ruang di kabupaten Sleman.
     
"Ini merupakan upaya kita bersama untuk melibatkan masyarakat dalam meningkatkan kualitas tata ruang di Kabupaten Sleman," katanya.
     
Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba Menulis Surat Untuk Bupati dan lomba Poster Digital yang diadakan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman.
     
Selain itu juga diserahkan sertifikat tanah Hunian Tetap (Huntap) relokasi korban erupsi Gunung Merapi 2010 di Dusun Gading dan Banjarsari kepada 10 penerima dan juga diserahkan penghargaan Desa Peduli Tanah dan Tata Ruang kepada delapan desa.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar