Tim Mercedez bakal juara dunia F1 kelima kali

id F1

Tim Mercedez bakal  juara dunia F1 kelima kali

Pebalap F1 Lewis Hamilton. (Reuters)

Sao Paulo, (Antaranews Jogja) - Pebalap tim Mercedes memastikan diri raih juara dunia Formula Satu untuk kelima kalinya setelah mencatat waktu tercepat dalam latihan resmi Grand Prix Brazil di Sao Paulo, Jumat (Sabtu WIB).

Pebalap Finlandia Valtteri Bottas, yang belum pernah menang dalam musim ini -- yang didominasi rekannya dalam tim Mercedes Lewis Hamilton, mencatat waktu tercepat satu menit 08,846 detik di bawah cuaca mendung di sirkuit Interlagos, dimana sebagian lintasannya basah

Hamilton, yang pada GP Meksiko bulan lalu sudah memastikan gelar juara dunia kelima kalinya, mencatat waktu hanya 0.003 detik lebih lambat dalam sesi latihan yang sempat dihentikan setelah pebalap Renault Nico Hulkenberg mengalami kecelakaan.

"Mobil terasa lebih baik dibanding waktu di Meksiko, namun kami masih tetap berusaha untuk mengatasi sejumlah masalah," kata Hamilton.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel berada di urutan ketiga dengan selisih waktu 0,073 detik, di depan pebalap Australia Daniel Ricciardo dari pebalap Belanda Max Verstappen.

Verstappen, juara GP Meksiko, sempat tercepat ada sesi pembukaan, namun harus menepi pada awal sesi kedua setelah mobil tim Red Bull itu mengalami masalah kebocoran oli.

Tim Mercedes akan mempertahankan trofi juara dunia konstruktor jika pada Minggu ini jika tim Ferrari gagal memperkecil selisih nilai 13 poin.