DIY calon destinasi wisata internasional

id Wisata yogyakarta

Wisatawan berada di kawasan wisata lereng Gunung Merapi, Bungker Kaliadem, Sleman, DI Yogyakarta. Aktivitas wisata lereng Gunung Merapi saat ini telah kembali normal pasca erupsi freatik Gunung Merapi pada Jumat (11/5). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/18.

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung DIY yang meliputi empat kabupaten dan satu kota sebagai calon destinasi wisata internasional atau tujuan wisatawan mancanegara.
    
"Kita berusaha untuk mendukung DIY sebagai calon destinasi internasional ke depan, sehingga Bantul punya komitmen untuk bisa mendukung bagaimana kunjungan wisata asing masuk di Bantul," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Minggu.
    
Menurut dia, upaya dalam mendukung DIY sebagai destinasi wisata internasional itu sudah mulai dilakukan sejak 2018, yang mana hasil evaluasi sudah berusaha melakukan beberapa perbaikan fasilitas wisata.
    
Ia mengatakan, sedangkan yang akan dilakukan adalah terus berupaya melakuka komunikasi kepada semua pihak baik itu para pelaku usaha termasuk masyarakat, karena ketika ada wisatawan asing itu perlu ada beberapa yang dibenahi.
    
"Baik dari sisi fasilitasi, sisi pelayanan termasuk dari kondisi budaya. Itu yang kita perlu komunikasi semua pihak agar nanti Bantul bisa diterima semua pihak, baik wisatawannya dan masyarakat bisa menerima tanpa ada gesekan," katanya.
    
Kwintarto mengatakan, sehingga terkait dengan beberapa fasilitas wisata sudah mengarah ke perbaikan infrastruktur yang aksesibilitasnya bahkan terkait dengan atraksi sudah mengarah ke tingkat internasional.
    
"Jadi tahun 2019 yang sedang kita canangkan nanti kita akan mengadakan gelaran atraksi wisata yang dibuat dinas sendiri itu tingkat nasional kerja sama dengan Dispar DIY seperti layang-layang internasional," katanya.
    
Selain itu, kata dia, event beberapa tahun Jogja Air Show (JAS) nantinya sudah menjadi Jogja Internasional Air Show (JIAS), sehingga pada tahun depan ada dua gelaran event internasional dan juga tingkat nasional.
    
"Kami juga akan menambah sesuai arahan Bupati Bantul mengadakan kegiatan misalnya lomba dayung, kalau dulu masih lokal mudah-mudahan masuk ke regional babhkan ke depan sampai tingkat nasional," katanya.
    
"Dan ini yang sedang kita upayakan, dan meyakinkan semua pihak bahwa Bantul ini bisa menerima smeua wisatawan baik wisata anak muda, orang dewasa, lokal bahkan asing. Nanti kita arahkan kesana," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar