Real Betis permalukan Barcelona di Nou Camp 4-3

id barcelona

Pemain Barcelona Luis Suarez dan Lionel Messi (kanan) (REUTERS)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Real Betis sukses mempermalukan Barcelona di Nou Camp, Barcelona, Spanyol, dan meraih kemenangan 4-3 dalam laga pekan ke-12 Liga Spanyol pada Senin dini hari WIB.

Kemenangan Betis diraih berkat gol-gol dari Junior Firpo, Joaquin, Giovani Lo Celso dan Sergi Canales, sementara Barcelona membalas lewat dwigol Messi dan satu lainnya dari Arturo Vidal, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Spanyol.

Meski kalah, Barcelona tetap berada di puncak klasemen dengan raihan 24 poin, sementara Betis (16) memperbaiki posisinya dan naik ke peringkat 12.

Betis membuka keunggulan mereka pada menit 20 lewat sebuah serangan balik, yang diselesaikan dengan sempurna oleh Firpo dengan menerima umpan dari William Carvalho sebelum melewati Sergi Roberto dan melepaskan sepakan kaki kanan ke area tiang dekat.

Kendati Barcelona berupaya mencetak gol balasan, mereka malah kebobolan gol kedua pada menit 34 saat umpan silang Firpo membuat bola berada di sisi berlawanan, yang segera diteruskan umpan tarik oleh Cristian Tello demi diselesaikan mudah oleh Joaquin di muka gawang.

Skor 2-0 untuk tim tamu bertahan hingga turun minum dan Barcelona membutuhkan hadiah tendangan penalti untuk mencetak gol pertama mereka di laga tersebut.

Berawal dari pelanggaran Tello terhadap Jordi Alba, Messi mengeksekusi bola dari titik putih menaklukkan kiper Diego Lopez demi mengubah kedudukan menjadi 1-2 pada menit 68.

Namun euforia kebangkitan tuan rumah segera diredam kembali oleh Betis yang merestorasi keunggulan dua gol tiga menit kemudian lewat tendangan Lo Celso yang tak mampu diantisipasi sempurna oleh kiper Marc-Andre ter Stegen dan tepisannya tak mampu menghentikan bola tetap masuk ke gawang Barcelona.

Barcelona kembali mengejar dan mengubah kedudukan menjadi 2-3 pada menit 79 ketika umpan matang Messi diterima Munir El Haddadi demi diteruskan kepada Vidal yang berdiri bebas dan menyarangkan bola ke gawang yang sudah tak bertuan.

Akan tetapi, petaka bagi Barcelona tak berhenti, mereka harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain lantaran Ivan Rakitic menerima kartu kuning kedua usai melanggar Lo Celso pada menit 81.

Keuntungan jumlah pemain sukses dimanfaatkan Betis untuk kembali menjauh lewat aksi individual Firpo yang diakhiri umpan matang ke tengah kotak penalti, di mana Canales berdiri cukup bebas untuk mencetak gol dan mengubah skor menjadi 4-2.

Drama di pengujung laga yang meliputi gol Messi memanfaatkan umpan Vidal pada masa injury time sempat memancing wasit untuk memeriksa rekaman dari asisten wasit video (VAR), namun kendati gol disahkan Barcelona tetap menutup pertandingan dalam kekalahan 3-4 dari tamunya.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Spanyol:
Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets (Carles Alena), Arthur (Arturo Vidal); Lionel Messi, Luis Suarez, Malcom (Munir El Haddadi)
Pelatih: Ernesto Valverde

Real Betis (3-5-2): Pau Lopez; Aissa Mandi, Marc Bartra, Sidnei; Cristian Tello, Giovali Lo Celso (Takashi Inui), William Carvalho, Andres Guardado, Junior Firpo; Joaquin (Sergio Canales), Lorenzo Moron (Sergio Leon)
Pelatih: Quique Setien.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar