Rakorwil Apkasi DIY momentum wujudkan kedaulatan pangan

id Rakorsil APKASI

Rakorwil Apkasi DIY momentum wujudkan kedaulatan pangan

Rakorwil Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) DIY di Kabupaten Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

 Bantul (Antaranews Jogja) - Rapat Koordinasi Wilayah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar asosiasi itu diharapkan menjadi momentum untuk mewujudkan kedaulatan pangan di daerah tersebut.
    
"Harapan kami, Rakorwil ini dapat menjadi momentum untuk mewujudkan gerakan bersama membangun kedaulatan pangan dan kemandirian bangsa dari kabupaten se-DIY untuk Tanah Air," kata Bupati Bantul Suharsono dalam sambutan pembukaan Rakorwil APKASI DIY di Bantul, Rabu.
    
Rakorwil APKASI DIY dengan tema "Upaya Daerah Menuju Kedaulatan Pangan Nasional" yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Gatot Saptadi itu dihadiri bupati dan pejabat dari Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul dan Sleman.
    
Bupati mengatakan, Rakorwil Apkasi DIY ini dilaksanakan berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) APKASI tentang koordinator regional dan korwil asosiasi yang beranggotakan seluruh kabupaten di Indonesia itu.
    
"Rakorwil ini dimaksudkan sebagai wahana konsolidasi, koordinasi dan sinergitas antar-kabupaten di DIY sehingga dapat rumuskan suatu langkah-langkah strategis untuk memecahkan permasalahan di dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan," katanya.
    
Sementara itu, Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan, semua pihak menyadari bahwa pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah (Pemda) wajib membawa kemajuan bagi masyarakat sesuai dengan perkembangan jaman.
    
Menurut dia, ada dua hal yang harus dilaksanakan pemda. Pertama, perlunya meningkatkan kadar kepekaan dan segera tanggap terhadap aspirasi masyarakat. Dalam arti pemda harus mengetahui apa yang dibutuhkan rakyat serta mendengar keinginanya.
    
"Kedua, pemda harus mampu melibatkan segenap kemauan dan kemampuan yang dimiliki masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Sehingga pemda harus menampatkan rakyat sebagai subjek pembangunan, bukan hanya objek pembangunan," katanya.
    
Disamping ada keterlibatan masyarakat dan strategi pembangunan, kata dia, juga harus ada komunikasi dan koordinasi antar pemerintah daerah provinsi dan kabupaten sesuai dengan fungsinya masing-masing.
    
Lebih lanjut, Sekda DIY mengatakan, Rakorwil APKASI ini juga diharapkan akan menindaklanjuti Rakernas (Rapat Kerja Nasional) APKASI 2018, dengan agenda dan tema untuk mempertajam kedaulatan pangan di Indonesia.
    
"Karena persoalan pangan di Tanah Air sangat penting untuk daerah dan kedaulatan bangsa kita, sehingga untuk mewujudkan ketersediaan pangan nasional maka bagaimana kita dapat meningkatkan produksi pertanian khususnya beras," katanya.