TPID DIY waspadai tekanan harga beberapa komoditas

id kebutuhan pokok

TPID DIY waspadai tekanan harga beberapa komoditas

kebutuhan pokok (FOTO ANTARA/Seno S./pd/09.)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mewaspadai tekanan harga beberapa komoditas selain beras, seperti daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah, dan sayuran.

"Kami akan terus memperkuat akurasi data stok dan harga di gapoktan dan sentra produksi pada tingkat kabupaten/kota untuk komoditas tersebut agar dapat diambil langkah antisipasi dan intervensi yang diperlukan," kata Ketua III TPID DIY Budi Hanoto di Yogyakarta, Rabu.

Usai Rapat Koordinasi (Rakor) TPID DIY, Budi mengatakan, untuk menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga, TPID DIY melalui Bulog Divre DIY akan melakukan operasi pasar secara terukur.

Operasi pasar itu, menurut dia, akan dilakukan dengan frekuensi lebih sering dan jumlah yang lebih besar untuk komoditas strategis, khususnya komoditas beras.

Ia mengatakan, TPID DIY memandang perlu adanya diversifikasi konsumsi pangan seperti ikan dan daging kerbau untuk mengurangi ketergantungan terhadap daging ayam dan daging sapi.

"Selain itu, TPID DIY juga merekomendasikan perlunya menyiapkan `cold storage` yang memadai, sebagai antisipasi jika terdapat lonjakan permintaan terhadap komoditas tersebut," kata Budi yang juga Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY.

Menurut dia, TPID DIY juga mewaspadai potensi kenaikan tarif gas dan transportasi, seiring dengan tingginya permintaan masyarakat untuk berkunjung ke DIY saat momentum libur akhir tahun 2018.

"TPID DIY merekomendasikan untuk rapat koordinasi lanjutan dengan instansi terkait, serta akan terus membangun komunikasi dan koordinasi yang kuat dan efektif di masing-masing instansi termasuk TPID kabupaten/kota untuk menjaga ekspektasi inflasi tetap terkendali," kata Budi.

Ia mengemukakan, Rakor TPID DIY membahas tentang antisipasi tekanan harga pada akhir 2018 di tengah mulai berlangsungnya musim hujan dan sekaligus menyusun langkah konkret TPID DIY dalam menghadapi potensi tekanan harga.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024