KPU Bantul berencana siapkan tiga gudang logistik

id KPU Bantul

Ilustrasi (Foto Antara)

Bantul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana menyiapkan tiga gudang untuk penyimpanan logistik maupun perlengkapan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019.

"Rencananya ada tiga gudang logistik, pertama gudang di lingkungan Kantor KPU Bantul, kemudian di kawasan Ringroad Bantul wilayah Code Trirenggo dan di wilayah Srandakan," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, untuk gudang di kompleks KPU Bantul sudah tersedia, sementara gudang logistik di wilayah Dusun Code Desa Trirenggo Bantul baru selesai dibangun, kemudian di wilayah Jalan Srandakan Pandak segera dibangun.

Didik mengatakan, tiga gudang logistik itu masing-masing merepresentasikan wilayah, seperti gudang di Kantor KPU untuk wilayah Bantul bagian tengah, kemudian gudang di Ring Road bagian timur serta di Srandakan untuk Bantul selatan.

"Untuk logistik Pemilu 2019, saat ini yang sudah diterima KPU Bantul baru kotak suara sama bilik suara, namun belum semua kebutuhan diterima, dan untuk penyimpanan masih dalam bentuk lembaran di gudang wilayah Code," katanya.

Ia mengatakan, logistik yang diterima KPU Bantul tersebut berbahan dasar karton yang belum dirangkai menjadi kotak maupun bilik, hal itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang menyatakan agar digunakan sekali pakai.

Didik menjelaskan, logistik yang diterima KPU Bantul terutama kotak suara itu jumlahnya masih jauh dari total kebutuhan di Bantul untuk seluruh tempat pemungutan suara (TPS), panitia tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten yang sebanyak 15.661 kotak suara.

"Kalau dilihat dari kebutuhan masih kurang untuk kotak suara, total kebutuhan untuk semua TPS sebanyak 15.200 kotak, kemudian untuk semua 17 kecamatan sebanyak 459 kotak, kemudian tingkat kabupaten dua kotak, jadi totalnya 15.661 kotak," katanya.

Didik mengatakan, saat ini baru diterima 700 kotak suara, sehingga kurang hampir 15 ribu kotak, sementara untuk logistik bilik suara dianggap sudah mencukupi karena KPU Bantul masih memiliki sekitar 7 ribuan bilik bekas Pemilu 2014.

"Untuk kekurangan logistik kotak suara masih dalam proses, pengadaan dan distribusinya menjadi kewenangan KPU RI, tapi saat ini sudah dapat informasi kalau kekurangan logistik akan dikirimkan secara bertahap," katanya.



(KR-HRI) 17-11-2018 14:51:38


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar