Sleman selenggarakan Festival Desa Wisata

id Festival desa wisata

Sleman selenggarakan Festival Desa Wisata

Penampilan salah satu peserta Festival Desa Wisata Sleman 2018. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan grand final Festival Desa Wisata 2018 di Desa Wisata Kelor, Bangunkerto, Kecamatan Turi, Minggu.
     
"Kegiatan yang berjalan ketiga kalinya dan diikuti sebanyak 24 nominator desa wisata di Sleman ini berlangsung meriah karena bersamaan dengan kegiatan 'Jogja International Heritage Walk' (JIHW) 2018 yang diikuti 350 peserta dari 25 negara," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih.
     
Menurut dia, pelaksanaan festival desa wisata sudah dilakukan sejak sebulan yang lalu dengan penilaian dari juri mulai Kamis 11 Oktober 2018) sampai dengan Sabtu 10 November 2018.
     
"Dari penjurian tersebut 31 desa wisata di Sleman turut ambil bagian dalam Festival Desa Wisata 2018 yang diklasifikasi menjadi 22 desa wisata tumbuh dan berkembang dan sembilan desa kemudian disaring menjadi 24 nominator. Event di Desa Wisata Kelor ini adalah grand final. Masing-masing peserta menampilkan kuliner, kesenian, serta kerajinan khas desa wisata masing-masing," katanya.
     
Ia mengatakan, desa wisata tersebut dinilai oleh juri baik dari akademisi, pegiat budaya, dan juga konsultan.
     
"Adapun pemenang dalam Festival Desa Wisata yaitu kategori Tumbuh juara I  Pulewulung, juara II  Gabugan,  juara III Nganggring, harapan I Sangurejo, harapan II Sempu dan harapan III Karang Tanjung. Juara favorit kategori tumbuh yaitu Sempu, Pulewulung dan Sangurejo," katanya.
     
Kemudian kategori berkembang juara I Pancoh,  juara II Garongan,  juara III Sukunan,  harapan I Blue Lagoon, harapan II Kadisobo,  harapan III Nawung. Juara favorit kategori berkembang yaitu Blue Lagoon, Sukunan dan Pancoh.
     
"Sedangkan kategori mandiri juara I Pulesari, juara II Pentingsari, juara III Grogol, harapan I Brayut,  harapan II Gamplong dan  harapan III Kelor. Juara favorit kategori mandiri yaitu Pulesari, Brayut dan Grogol. Juara favorit merupakan juara pementasan kesenian yang ditampilkan tiap peserta desa wisata yang dilaksanakan saat grand final," katanya.
     
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang hadir membuka acara tersebut mengatakan bahwa Festival Desa Wisata merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pengembangan desa wisata di Kabupaten Sleman.
     
"Selain itu penyelenggaraan festival ini sebagai ajang promosi karena dinikmati juga oleh peserta JIHW dari berbagai negara," katanya.
     
Muslimatun mengatakan, dengan semakin banyaknya desa wisata yang dikelola dengan baik oleh masyarakat, tentunya akan menambah jumlah wisatawan yang berkunjung di Sleman.
     
"Saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sleman menunjukkan tren positif yaitu sebanyak 7.226.595 pada 2017. Jumlah tersebut meningkat dari 2016 yang hanya sebanyak 5.321.038 wisatawan berkunjung ke Sleman," katanya.
     
Ia mengatakan, perlu diingat bahwa proses pengembangan desa wisata perlu memperhatikan pengemasan potensi desa wisata  serta promosi terus menerus, sehingga kontinuitas kunjungan wisata dapat terus dipertahankan.
     
Dalam kegiatan Festival Desa Wisata 2018 ini, Dinas Pariwisata Sleman juga  melaunching program "One Hotel One Village" atau satu hotel mendampingi satu desa wisata.
     
Launching tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Hotel Grand Tjokro dengan Desa Wisata Pule Wulung, Bangunkerto, Turi dan Hotel Cakra Kusuma dengan Desa Wisata Pancoh, Girikerto, Turi.
     
Saat ini dua hotel lainnya yaitu Hotel Grand Keysha dan Hyatt Regency juga telah berkomitmen untuk mendukung program ini.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024