Tebing beberapa kecamatan di Bantul rawan longsor

id BPBD

Tebing beberapa kecamatan di Bantul rawan longsor

Tebing longsor (Foto Antara)

Bantul  (Antaranews Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan tebing di beberapa kecamatan daerah ini rawan mengalami longsor apabila diguyur hujan deras dengan intensitas tinggi.
    
"Kita selalu melaksanakan sosialisasi ke masyarakat kaitannya dengan wilayah-wilayah yang terutama di Imogiri, Piyungan dan Dlingo itu memang banyak tebing-tebing yang longsor," kata Sekretaris BPBD Bantul Muhammad Barried di Bantul, Senin.
    
Menurut dia, di beberapa kecamatan tersebut terdapat tebing-tebing karena sebagian wilayahnya merupakan perbukitan yang pada saat kemarau kondisi tanahnya kering, sehingga bila terkena hujan berpotensi longsor.
    
Di beberapa wilayah perbukitan tersebut, kata dia, sebagian juga dijadikan sebegai tempat wisata atau spot wisata, sehingga memang memasuki musim hujan perlu ada antisipasi agar tidak terkena dampak kejadian.
    
"Dan kita kemarin dari teman teman sudah bekerja sama dengan teman teman relawan dan FPRB (forum pengurangan risiko bencana) selalu melaksanakan sosialisasi. Kita sudah melaksanakan sosialisasi untuk mengantisipasi," katanya.
    
Barried mengatakan, di beberapa titik tebing yang rawan longsor tersebut akan diupayakan untuk dibuatkan tempat relokasi atau lokasi aman bagi warga atau masyarakat yang tinggal di kawasan rawan terdampak bahaya itu.
    
"Khususnya di wilayah Dlingo itu kita baru melakukan cek wilayah, persiapan untuk kita melaksanakan relokasi bagi warga yang bermukim di daerah yang membahayakan akibat tanah longsor itu," katanya.
    
Dengan demikian, kata dia, nantinya tempat yang menjadi pemukiman warga setempat tersebut paling tidak berada pada jarak tertentu atau bebas dari dampak tanah longsor jika sewaktu-waktu bencana itub terjadi.
    
"Kita baru akan pembebasan (lahan relokasi), saat ini masih menaksir nilai tanahnya, nanti setelah ada hitungan baru kita ada pembebasan lahan relokasi itu," katanya.