Myanmar, Vietnam dan Malaysia masih berebut jadi wakil Grup A

id Piala AFF 2018

Pesepak bola Indonesia Riko Simanjuntak (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Thailand Thitiphan Puangjan (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay) (.) (./)

Jakarta (ANTARA News) - Perebutan tiket semi final Piala AFF 2018 di Grup A masih menyisakan tiga tim kontestan yang berpeluang memperolehnya yakni Myanmar, Vietnam dan Malaysia.

Baik Myanmar maupun Vietnam membuang kesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam perburuan tiket tersebut saat keduanya bertemu di Stadion Thuwanna, Yangon, Myanmar, dan hanya bermain imbang tanpa gol pada Selasa.

Hasil itu membuat Myanmar tetap berada di puncak klasemen sementara, meskipun memiliki jumlah poin yang sama dengan Vietnam, yakni tujuh poin. Pasalnya, selain sama jumlah poin keduanya juga setara dalam agregat gol (surplus lima), sehingga Myanmar yang sudah mencetak tujuh gol berada di atas Vietnam yang baru mencetak lima gol.

Kedua tim berada di atas Malaysia yang menempati urutan ketiga dengan raihan enam poin.

Sementara Kamboja (3) meraih kemenangan perdana mereka saat membekuk Laos (0) 3-1 di Stadion Olimpiade Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu. Hasil itu tak mengubah kenyataan kedua tim sudah tak lagi berpeluang lolos ke semi final.

Kondisi tersebut membuat dua laga pamungkas penyisihan Grup A yang berlangsung pada Sabtu (24/11) bakal menjadi penentuan dua tim yang berhak memegang tiket ke semi final.

Myanmar akan melawat ke Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, menghadapi tuan rumah Malaysia, sedangkan Vietnam menjamu Kamboja di Stadion Hang Day, Hanoi.

Di atas kertas, Myanmar dan Vietnam hanya membutuhkan hasil imbang di laga pamungkas untuk bisa lolos ke babak semi final.

Sedangkan Malaysia punya dua skenario untuk lolos, yakni menang atas Myanmar atau imbang sementara di laga lain Vietnam kalah dengan selisih lima gol atau lebih kepada Kamboja.

Berikut hasil dan jadwal penyisihan Grup A Piala AFF 2018.

Jadwal Selasa (20/11)
Kamboja 3 - Laos 1 (Chan Vathanaka 18', Prak Mony Udom 35', Keo Sokpheng 77'; Somxay Keohanam 76') 
Myanmar 0 - Vietnam 0

Jadwal Sabtu (24/11)
Malaysia vs Myanmar 
Vietnam vs Kamboja
 
Klasemen Grup A
  Negara M M I K M-K P
1 Myanmar 3 2 1 0 7-2 7
2 Vietnam 3 2 1 0 5-0 7
3 Malaysia 3 2 0 1 4-3 6
4 Kamboja 3 1 0 2 4-6 3
5 Laos 4 0 0 4 3-12 0
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar