Dinas Pariwisata Yogyakarta kolaborasikan pariwisata dengan komika

id Hutan Pinus Mangunan

Wisatawan menikmati bkawasan Hutan Pinus Mangunan (Foto Antara/Hery Sidik) (Foto Antara/Hery Sidik/)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan komika dalam stand up comedy lokal di Yogyakarta akan mengadakan event kepariwisataan bertajuk Stand Up Hutan untuk mengkolaborasikan pariwisata dan komedi.

"Stand Up Hutan merupakan sebuah acara yang menampilan banyak komika untuk melakukan Stand Up Comedy di lokasi yang unik," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata DIY Aria Nugrahadi dalam konferensi pers di Kabupaten Bantul, Kamis.

Stand Up Hutan tersebut akan diadakan di kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan, ?Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY pada 23 sampai 25 November 2018. Lokasi tersebut dipilih karena merupakan destinasi wisata yang mempunyai keistimewaan.

"Hutan Pinus Mangunan telah menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan dari dalam negeri hingga luar negeri karena memiliki banyak pilihan tempat wisata dan mempunyai banyak spot foto yang menarik," katanya.

Selain itu, kata dia, Hutan Pinus Mangunan juga dapat digunakan sebagai lokasi berkemah atau camping, sehingga pengunjung `Stand Up Hutan` yang dilaksanakan selama tiga hari itu dapat tinggal di Mangunan dengan berkemah.

Sementara itu, Ketua Panitia Stand Up Hutan yang juga komika stand up komedi, Anang Batas mengatakan, tingkat stres akibat kejenuhan seseorang terhadap rutininitas sehari-hari menjadi faktor utama pendorong orang itu melakukan perjalanan wisata untuk me-refresh pikiran dan kesehatan psikologis.

"Cara lain yang bisa dilakukan seseorang untuk mengatasi stress adalah dengan tertawa. Tertawa dapat menghadirkan pikiran positif yang membantu mengatasi stres dan kemungkinan penyakit lainnya. Kita bisa merangsang tawa dengan mendengar cerita komedi," katanya.

Menurut dia, umumnya acara stand up komedi digelar di ruang tertutup, maka kali ini akan dilakukan di area terbuka dan bersatu dengan alam yaitu di kawasan Hutan Pinus Mangunan Bantul. Stand Up sebelumnya pernah diadakan di wilayah DIY bertajuk Stand Up Gunung.

"Hutan dipilih sebagai lokasi Stand Up Comedy karena memiliki suasana yang teduh dan nyaman untuk bersantai, sehingga penonton dapat menikmati pertunjukan komedi dengan cara yang berbeda," katanya.

Menurut dia, untuk lebih memeriahkan kegiatan, seluruh komika Stand Up Hutan 2018 akan berkemah di area yang sama dengan para penonton di kawasan Hutan Pinus Mangunan, sehingga keakraban antara komika dengan penonton semakin terasa.


(KR-HRI) 22-11-2018 16:54:06

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar