Anugerah Pesona Indonesia pacu Yogyakarta tingkatkan kualitas pariwisata

id Anugerah Pesona Indonesia,Jogja Dragon Festival

Anugerah Pesona Indonesia pacu Yogyakarta tingkatkan kualitas pariwisata

Ilustrasi, dok. ANTARA

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) yang baru-baru ini diterima Pemerintah Kota Yogyakarta dalam kategori Festival Pariwisata Terpopuler untuk gelaran Jogja Dragon Festival memicu kota tersebut untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pariwisata.

"Penghargaan ini cukup mengejutkan karena kami sama sekali tidak mengetahui jika ada penilaian. Mekipun demikian, kami sangat senang dengan penghargaan ini karena semakin mengukuhkan Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, bukan hanya Kota Yogyakarta yang rutin menyelenggarakan festival untuk memeriahkan peringatan Imlek. Bahkan, perayaan Imlek di beberapa kota lain diselenggarakan lebih meriah dibanding Kota Yogyakarta namun penghargaan justru jatuh ke tangan Yogyakarta.

Oleh karena itu, Yunianto menyebut, penghargaan dari Ayo Jalan-Jalan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata tersebut sangat mengejutkan dan menjadi pemacu bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pariwisata, khususnya pariwisata berbasis budaya.

"Meskipun perayaan Imlek bukan budaya tradisi asli Yogyakarta, namun peningkatan kualitas tetap akan dilakukan termasuk memasukannya dalam kalender wisata di Yogyakarta," kata Yunianto.

Sedangkan untuk gelaran kegiatan sejenis yang didasarkan pada budaya asli Yogyakarta, salah satunya Jogja Night Carnival yang digelar untuk memperingati hari ulang tahun Kota Yogyakarta, kata Yunianto, juga akan terus ditingkatkan kualitasnya sehingga bisa mengundang lebih banyak wisatawan untuk datang ke Yogyakarta.

Pemerintah Kota Yogyakarta bahkan berharap, Jogja Night Carnival masuk dalam kalender wisata nasional.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, API sudah menjelma sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan kegiatan pariwisata di daerah.

"Melalui API, akan semakin banyak kegiatan pariwisata di daerah yang dikenal lebih luas sehingga mampu mendatangkan banyak wisatawan. Daerah pun harus lebih berani dan proaktif untuk memperomosikan pariwisata di daerahnya," katanya.

Usai penetapan Jogja Dragon Festival sebagai Festival Pariwisata Terpopuler, Heroe mengatakan, Pemerintah Kota Yogyakarta akan berupaya untuk meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. 
   
"Penghargaan ini menjadi bahan evaluasi untuk seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata untuk melakukan perbaikan dan peningkatan di semua aspek sehingga berbagai `event¿ dan objek wisata di Yogyakarta akan semakin baik dan bisa memberikan kenangan bagi wisatawan yang datang," katanya. 
(T.E013/B/R. Fardaniah) 26-11-2018 07:33:11
 
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024