Yogyakarta tambah kelas khusus olahraga

id Kelas khusus olahraga,SMP 13 Yogyakarta

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta (https://pendidikan.jogjakota.go.id/)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta berencana menambah kelas khusus olahraga di SMP Negeri 13 Yogyakarta pada tahun ajaran 2019/2020.

"Akan ada tambahan kelas untuk kelas khusus olahraga. Kami memutuskan menambah kelas di SMP Negeri 13 daripada membuka kelas khusus olahraga di SMP lain," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Edy sebelumnya Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menerima usul mengenai penambahan kelas khusus olahraga di SMP lain agar penyelenggaraan kelas khusus olahraga tidak hanya terpusat di SMP Negeri 13 Yogyakarta saja.

Namun, dia mengatakan, setiap SMP negeri di Kota Yogyakarta memiliki keunggulan di bidang yang berbeda-beda karenanya Dinas Pendidikan menilai penambahan kelas khusus olahraga di SMP lain justru tidak akan efektif.

"SMP Negeri 13 selama ini memiliki keunggulan di bidang olahraga. Ini yang fokus dikembangkan. Begitu pula dengan SMP negeri lain, misalnya SMP Negeri 5 yang memiliki keunggulan di bidang akademik," katanya.

Edy menjelaskan bahwa seperti kelas reguler lainnya, jumlah siswa dalam satu rombongan belajar kelas khusus olahraga di SMP Negeri 13 Yogyakarta juga ditetapkan maksimal 32 murid. Siswa-siswi yang mendaftar dapat memiliki keunggulan pada cabang olahraga yang berbeda-beda.

Agar penyelenggaraannya berjalan lebih baik, Edy mengatakan, kelas khusus olahraga harus disertai dengan integrasi kurikulum, termasuk integrasi muatan lokal.

Ia mengatakan penyelenggaraan kelas khusus olahraga tidak hanya membutuhkan kesiapan sarana dan prasarana dari sekolah tetapi juga sumber daya manusia, termasuk guru yang akan membimbing murid dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Selain untuk pembinaan dan peningkatan prestasi atlet muda di Yogyakarta, penambahan kelas khusus olahraga diharapkan mampu menjaring bibit-bibit atlet muda berprestasi dari Yogyakarta dan menjaga atlet berbakat agar berpindah membela daerah lain. (T.E013/B/Maryati) 30-11-2018 07:41:59
 
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar