Komponen masyarakat Bantul Deklarasi Pemilu Damai

id Deklarasi Damai

Deklarasi Pemilu Damai oleh seluruh komponen masyarakat dan forkompinda Bantul di Bantul, DIY. (Foto Antara/Hery Sidik) (Foto Antara/Hery Sidik/)

Bantul (Antaranews Jogja) - Perwakilan seluruh elemen, komponen masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (30/11) malam, mendeklarasikan pemilu damai dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum 2019.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bantul Dwi Daryanto disela deklarasi pemilu damai di Pendopo Parasamya Bantul mengatakan, deklarasi dikemas dalam Gelar Budaya, Bantul Berdoa dan Deklarasi Pemilu Damai menghadapi Pemilu 2019.

"Dengan deklarasi ini kami harap dapat bersama-sama bergandengan tangan menciptakan suasana aman, nyaman dan damai dalam mengikuti semua tahapan Pemilu, sehingga penetapan hasil pemilu bisa berjalan dengan baik," katanya.?

Deklarasi Pemilu Damai itu diikuti peserta dari jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkompinda), pimpinan dan ketua fraksi DPRD, kepala OPD, camat dan lurah, ketua dan perwakilan partai politik, ketua dan perwakilan ormas budaya, agama dan politik.

Deklarasi Pemilu Damai itu diramaikan dengan gelaran budaya khas Bantul yang diakhiri dengan dengan penandatanganan Deklarasi Damai untuk penyelenggaraan Pemilu serentak pada spanduk yang telah disiapkan oleh seluruh peserta dari perwakilan elemen hingga Bupati.?

Isi pernyataan deklarasi Pemilu Damai yang dipimpin Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bantul Yasmuri menyebutkan, seluruh komponen dan elemen masyarakat Bantul siap mewujudkan dan sukseskan Pemilu 2019 damai dan berintegritas.?

"Kami segenap komponen masyarakat Bantul akan partisipasi aktif untuk mensukseskan Pemilu 2019 yang tertib, aman, tenteram dalam suasana yang sejuk dan damai. Bantul aman, Yogja aman, Indonesia aman, NKRI harga mati," katanya.

Bupati Bantul Suharsono mengatakan, deklarasi ini adalah wujud dan komitmen semua pemangku kepentingan dalam menciptakan Pemilu yang tertib, lancar damai, bermartabat, berbudaya tanpa hoaks ?dan politisisasi.

"Deklarasi ini tidak boleh berhenti sampai di sini, tekad dan tanggung jawab serta tindakan nyata dari semua pihak dalam iimplementasikan deklarasi ini jauh lebih penting dalam mewujudkan pemilu yang aman, damai, sejuk di Bantul," katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar