Kulon Progo bangun pos pantau dekat pantai

id Pantai Glagah,Pos pantau

Pantai Glagah Indah Kulon Progo Yogyakarta (Foto Antara)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Sarlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Glagah di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mendirikan pos pantau Pantai Glagah yang lokasinya lebih dekat dengan kawasan pantai untuk menunjang keselamatan wisatawan.
     
Koordinator SRI Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko di Kulon Progo, Minggu, mengatakan pos pantau yang rencana akan dirikan swadaya ini bertujuan untuk mengoptimalkan monitoring dan pengawasan pengunjung di kawasan pemecah gelombang yang selalu dipadati wisatawan.
     
"Pendirian pos pantau secara swadaya ini perlu dilakukan. Saat ini pos pantau yang ada berada jauh dari pantai. Sehingga kami kesulitan untuk melakukan pengawasan secara optimal," katanya.
     
Ia memprediksi jumlah wisatawan yang akan berlibur saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 akan memadati Pantai Glagah. Hal ini perlu diantisipasi supaya tidak terjadi kecelakaan laut.
     
"Pos pantau ini sangat mendesak. Kami tidak ingin perisitiwa laka laut yang terjadi beberapa waktu lalu terulang kembali. Sebagaimana diketahui seorang mahasiswi asal Bangko, Jambi tewas usai tenggelam di Pantai Glagah, pada Selasa (20/11) lalu," katanya.
     
Selain pos pantau, lanjut Aris, SRI Wilayah V  akan melakukan pemasangan papan peringatan di sepanjang pantai di Kulon Progo. "Adanya papan peringatan ini diharapkan bisa mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap wisatawan seperti tenggelam ataupun terseret ombak pantai selatan," harapnya.
     
Aris mengatakan pihaknya juga menyiapkan sarana dan prasarana penunjang keselamatan untuk wisatawan semakin lengkap, seperti ambulance karena diakuinya fasilitas tersebut belum dimiliki pihaknya. 
     
Saat ini, jumlah wisatawan yang berlibur ke Pantai Glagah semakin bertambah. Wisatawan, selain melihat pantai, juga bertujuan melihat perkembangan pembangunan Bandara NYIA.
   
"Kami juga selain sar adalah linmas, di mana tugas linmas adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat, dan ujung tombak informasi," katanya.
     
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Niken Probo Laras mengapresiasi  SRI Wilayah V yang secara swadaya membangun pos pantau di dekat pantai. Ia berharap SRI Wilayah V membantu Dispar mewujudkan keselamatan pengunjung.
     
"Kami berterima kasih atas swadaya SRI Wilayah V yang telah membangun pos pantau," katanya.
     
Ia mengatakan saat ini, Dispar sedang menyusun DED Pantai Glagah, supaya ke depan Pantai Glagah lebih bagus, tertata rapi, dan banyak pengunjung. "Saat ini, kami sedang menyiapkan Pantai Glagah menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan dengan adanya Bandara NYIA," katanya. 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar