Bupati minta masyarakat jaga suasana kondusif hadapi Pemilu 2019

id Bupati

Wakil Bupati Bantul, DIY Abdul Halim Muslih (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono mengharapkan seluruh komponen masyarakat di kabupaten ini dapat menjaga kondusifitas menghadapi Pemilihan Umum 2019 yang sekarang ini tahapan kampanye telah dimulai. 
     
"Saya mengajak warga Bantul berperan aktif menciptakan situasi kondusif di Bantul, untuk menciptakan Pemilu 2019 yang tertib, lancar, damai, bermartabat dan berbudaya tanpa hoax, politisasi, sara dan uang," kata Bupati Bantul, di Bantul, Senin.
     
Menurut dia, maraknya berita hoax yang kini menimbulkan kecurigaan harus bisa disikapi dengan jeli, untuk itu masyarakat manfaatkan perangkat cerdas untuk menyebarkan kebaikan, jangan menyebarluaskan berita yang tidak jelas sumbernya.
     
Bupati Suharsono mengatakan, pesta demokrasi yang melibatkan banyak pihak juga berpeluang dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengkoyak semangat persatuan dan kesatuan yang sudah lama terjalin.
     
"Sebagai wujud antisipasi terhadap kemungkinan hal itu, kami harap seluruh pimpinan parpol, ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, generasi muda, serta seluruh elemen masyarakat agar senantiasa menjaga iklim sosial yang kondusif di tahapan-tahapan pemilu hingga pesta demokrasi tersebut selesai," katanya.
     
Bupati juga meminta kepada insan pers agar tidak membuat berita yang rawan konflik tetap memegang teguh prinsip dasar jurnalistik adil dan bertanggungjawab, melakukan cek dan ricek terhadap setiap kebenaran adanya peristiwa harus diutamakan.
     
"Mari berperan aktif menyukseskan semua tahapan Pemilu 2019 sesuai tugas dan fungsi masing-masing untuk menginstruksikan pemilu yang berkualitas bagi kemajuan bangsa," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar