Peringatan Hari Disabilitas Internasional momentum kemandirian disabilitas

id Hari Disabilitas

Peringatan Hari Disabilitas Internasional momentum kemandirian disabilitas

Gebyar Senam dan Pentas Seni Hari Disabilitas Internasional DIY di BRTPD Pundong Bantul, DIY (Foto Istimewa)

Bantul (Antaranews Jogja) - Gebyar Senam dan Pentas Seni dalam rangka peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan bisa menjadi momentum untuk mendukung kemandirian penyandang disabilitas itu.
     
"Momentum ini diharapkan menjadi salah satu bagian penting dalam upaya bersama untuk memberikan semangat pelayanan yang terbaik sekaligus mendukung kemandirian bagi penyandang disabilitas DIY," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Untung Sukaryadi di Kabupaten Bantul, Senin.
     
Gebyar Senam dan Pentas Seni dalam rangka peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional DIY ke-57 dengan tema Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas itu diadakan di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRPTD) Pundong Bantul.
     
Untung menjelaskan bahwa pelaksanaan senam bersama ini merupakan kegiatan yang amat penting bagi kesehatan badan, karena dengan aktivitas olahraga akan sangat baik untuk menciptakan tubuh, jiwa serta pikiran yang sehat.
     
"Oleh karena itu, olahraga menjadi bagian penting serta menjadi penentu kesehatan seseorang. sehingga dengan tubuh, jiwa serta pikiran yang sehat kita akan mampu menciptakan karya yang produktif dan bermanfaat untuk kebaikan bangsa," katanya.
     
Menurut dia, para penyandang disabilitas dituntut untuk tidak melupakan aktifitas olahraga seperti senam, sebab banyak sekali manfaat yang dirasakan dari senam tersebut, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.
     
Dengan olahraga itu, kata dia, dapat menambah kesegaran badan, pikiran segar dan siap menghadapi aktifitas lainnya dan dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan baik fisik maupun mental. Senam juga olahraga murah yang bisa dilakukan kapanpun.
     
"Dengan melakukan olahraga senam secara rutin setiap hari dapat meningkatkan, merangsang, dan melatih performa jantung secara maksimal, dengan memompakan darah ke seluruh tubuh, sehingga organnya lebih segar dan bugar" katanya.
     
Sementara itu, penyelenggara kegiatan Marjani mengatakan, peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2018 Ke-57 diselenggarakan kolaborasi antara Dinas Sosial DIY dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bantul.
     
"Berbagai kegiatan Peringatan Hari Disabilitas Internasional diantaranya, talk show di radio, pameran hasil karya penyandang disabilitas, penyerahan alat bantu bagi 100 penyandang disabilitas, senam penyandang disabilitas, gelar seni disabilitas seperti tari, dan band," katanya.