Hidayat mundur dari Exco PSSI menyusul dugaan pengaturan skor

id pssi

Hidayat mundur dari Exco PSSI menyusul dugaan pengaturan skor

Ilustrasi (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Hidayat, anggota komite eksekutif Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya menyusul kasus dugaan pengaturan skor yang diduga terjadi di Liga 2 Indonesia.

Keputusan mundur diumumkan Hidayat dalam konferensi pers yang digelar di sebuah hotal di kawasan Jakarta Selatan, Senin.

"Saya mengundurkan diri sebagai anggota exco. Saya tidak ingin menambah beban PSSI dan saya mau menjaga ketentraman keluarga saya. Selain itu, saya perlu menjaga nama kampus tempat saya mengabdikan diri," kata Hidayat.

Meski demikian, Hidayat menyangkal keterlibatan dirinya dalam dugaan tindakan pengaturan skor yang dihembuskan oleh manajer tim Liga 2 Madura FC, Januar Herwanto.

Dalam sebuah acara diskusi bertajuk "Mata Najwa" yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta pada Rabu (28/11),  Januar secara gamblang menyatakan Hidayat meminta timnya untuk mengalah saat Madura FC akan berhadapan dengan PSS Sleman di Liga 2.

Menjawab tudingan itu, Hidayat menegaskan dirinya bukanlah seorang mafia ataupun pengatur skor. Dia pun mengaku tidak pernah menghubungi siapapun untuk mempengaruhi hasil pertandingan.

Namun, Hidayat tidak menyangkal bahwa dia melakukan kesalahan karena menjalin komunikasi dengan pihak klub.

"Saya menyadari apa yang saya lakukan tidak seharusnya dilakukan oleh anggota exco. Saya sudah menyampaikan semuanya kepada Komite Disiplin PSSI," tutur dia.

Hidayat pun meminta komite disiplin PSSI menuntaskan kasus dugaan pengaturan skor dengan sebaik-baiknya. Dia mengklaim telah memberikan semua keterangan yang diperlukan saat disidang oleh komite disiplin.

"Saya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia, pencinta sepak bola Indonesia, pengelola klub serta seluruh pemangku kepentingan sepak bola nasional berkaitan dengan kegaduhan yang terjadi akhir-akhir ini. Semoga keputusan saya untuk mundur menjadi pilihan terbaik dan tidak memperkeruh persepakbolaan Indonesia," ujar Hidayat.

Sementara Direktur Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo menyebut, perihal pengunduran diri Hidayat akan dibawa ke dalam rapat exco untuk diputuskan lebih lanjut. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024