Yogyakarta tambah waktu pelayanan cetak KTP elektronik

id E KTP

Ilustrasi, KTP elektronik (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta menambah waktu pelayanan perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) pada akhir pekan agar warga lebih leluasa mengakses layanan.

"Sejak awal November hingga akhir Desember akan dilakukan penambahan waktu layanan. Kami membuka layanan perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik tiap Sabtu," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Sisruwadi di Yogyakarta, Kamis.

Layanan setiap Sabtu tersebut hanya dapat diakses di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta yang berada di kompleks Balai Kota Yogyakarta pada pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

"Layanan ini pun khusus kami buka untuk warga Kota Yogyakarta saja," katanya, menambahkan warga dari luar Kota Yogyakarta hanya bisa mengakses pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-e pada hari kerja.

Ia berharap pelayanan tambahan pada Sabtu bisa memberi kesempatan lebih luas kepada warga Kota Yogyakarta yang belum melakukan perekaman data kependudukan atau belum memiliki KTP-e tetapi sibuk atau tidak punya waktu untuk mengurusnya pada hari kerja.

Sejak dibuka pada November, Sisruwadi mengatakan, layanan itu cukup banyak dimanfaatkan oleh warga dengan rata-rata jumlah pengakses 25 orang pada tiap hari layanan tambahan.

Hingga saat ini, masih ada sekitar 4.000 warga Kota Yogyakarta yang belum melakukan perekaman data kependudukan dan belum memiliki KTP-e.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta meminta warga yang belum mengikuti perekaman data dan mengurus KTP-e serta administrasi kependudukan yang lain segera melakukannya.

"Pengurusan administrasi kependudukan membutuhkan kesadaran warga. Jika tidak segera diurus, pada saat diperlukan secara tiba-tiba mereka baru mengurus. Harapannya, bisa diurus lebih awal agar tidak repot saat dibutuhkan," kata Sisruwadi.

Sedangkan untuk kebutuhan Pemilu 2019, Sisruwadi berharap semua warga Kota Yogyakarta sudah memiliki KTP-e sehingga bisa menggunakan hak pilih mereka.

Selain menambah layanan tiap Sabtu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga melakukan perekaman data keliling untuk menjaring warga lanjut usia, warga yang sakit dan difabel yang kesulitan datang ke kecamatan atau dinas untuk mengurusnya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar