Kemenkominfo: 54 persen penduduk Indonesia mengakses internet

id Akses internet

Kuliah Umum dan Talkshow bertajuk Nasionalisme di Era Digital yang diselenggarakan UGM bersama Kementerian Kominfo RI (Foto Antara/Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI Gun Gun Siswandi mengatakan saat ini ada sekitar 143 juta orang atau sekitar 54 persen penduduk Indonesia sudah mengakses internet.
     
"Hampir semua pengguna internet tersebut menggunakan internet untuk mengakses media sosial," katanya dalam Kuliah Umum dan Talkshow bertajuk "Nasionalisme di Era Digital" di Grha Sabha Prama Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis. 
       
Menurut dia, perkembangan internet, saat ini tidak hanya berbicara tentang aspek infrastruktur, akan tetapi juga aspek penggunanya, sehingga pengguna internet harus bisa mengendalikan agar tidak berdampak negatif bagi dirinya maupun orang lain.
     
Karena itu, kata dia, melalui berbagai program, Kementerian Kominfo berusaha mempersiapkan masyarakat untuk bisa memanfaatkan internet secara bijak untuk hal-hal yang bermanfaat.
     
"Masyarakat selain perlu melek digital, juga perlu dididik agar lebih cerdas menggunakan media sosial tidak untuk menyebarkan hoaks dan hal negatif lainnya," katanya. 
     
"Kita juga harus bisa mengendalikan teknologi, bukan kita yang dikendalikan oleh teknologi," katanya.
     
Dia mengatakan, perkembangan industri kreatif sektor teknologi digital yang kini semakin digandrungi serta peranan teknologi digital dinilai mampu menjadi tameng nasionalisme dari serbuan budaya asing, radikalisme dan intoleransi.
     
"Kebutuhan manusia saat ini bukan hanya sandang, pangan dan papan, tetapi juga informasi. Memasuki era digital, pola pikir serta perilaku kita juga harus disesuaikan dengan perkembangan tersebut," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar