BNN beri peringatan keras ke DIY

id Bnn

BNN beri peringatan keras ke DIY

Badan Narkotika Nasional (isw.bnn)

Yogyakarta (ANTARA News Jogja) - Badan Narkotika Nasional memberikan peringatan keras ke DIY karena angka prevalensi pengguna narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa di wilayah itu menjadi yang tertinggi di Indonesia.

"Meskipun jumlah pengguna narkoba paling tinggi ada di DKI Jakarta, Kalimantan Timur dan Sumatera Utara, tetapi prevalensi tertinggi untuk pelajar dan mahasiswa yang menjadi pengguna narkoba ada di DIY," kata Deputi Pemberantasan Narkoba Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Arman Depari saat pelantikan Pengurus Bakornas Garda Mencegah dan Mengobati (GMDM) Jateng-DIY di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, tingginya prevalensi pengguna narkoba dari kalangan pelajar dan mahasiswa tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya predikat Yogyakarta yang selama ini dikenal sebagai Kota Pelajar.

Atas kondisi tersebut, Arman mengatakan bahwa DIY menghadapi situasi yang darurat dan harus dilakukan penanganan segera sehingga pengguna narkoba di wilayah tersebut tidak semakin bertambah.

Iapun memberikan berbagai ilustrasi mengenai dampak yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba di antaranya kerugian material yang nilainya mencapai lebih dari dua kali lipat dibanding kebutuhan dana pembangunan.

"Misalnya saja proyek pembangunan MRT di Jakarta hanya menelan biaya sekitar Rp34 triliun, atau proyek jalan tol trans Jawa dan Sumatera hanya membutuhkan dana Rp30 triliun. Tetapi, dana uang dikeluarkan untuk narkoba bisa mencapai Rp82,4 triliun," katanya. ? ? Selain kerugian yang bersifat material, penggunaan narkoba juga mengakibatkan kerugian di bidang lain seperti meningkatnya angka kejahatan hingga meningkatnya kasus kekerasan dalam rumah tangga.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Bakornas GMDM Jefry Tommy Tambayong mengatakan dampak buruk penggunaan narkoba bukan hanya isapan jempol tetapi nyata terjadi di sekitar kita.

"Kita tidak boleh tinggal diam dan harus bisa mewujudkan Indonesia yang bersinar. Indonesia yang benar-benar bebas narkoba," katanya.

Setiap saat seluruh pihak harus terus bergerak untuk melakukan pemberantasan narkoba karena korban narkoba terjadi setiap saat.

"Bisa dikatakan bahwa narkoba ini adalah musuh tanpa wajah. Perlu kerja sama semua pihak untuk menanggulanginya," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, penyalahgunaan narkoba sudah sampai pada tahap yang memprihatinkan bahkan menembus kelompok-kelompok masyarakat yang sebelumnya tidak masuk dalam kelompok pengguna narkoba.

"Penanganan tidak hanya bisa dilakukan oleh satu pihak saja tetapi harus dilaksanakan dengan dukungan dari seluruh masyarakat karena penyebaran narkoba sudah menggunakan jejaring yang sangat luas dan terorganisir," katanya.

Karena itu, keberadaan Bakornas GMDM merupakan upaya strategis yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam memberantas narkoba.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024