BNN canangkan Condongcatur sebagai desa bersih narkoba

id Narkoba

BNN canangkan Condongcatur sebagai desa bersih narkoba

ilustris narkoba jenis shabu (antarafoto.com)


Sleman (Antaranews Jogja) - Badan Narkotika Nasional mencanangkan Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar).
       
Pencanangan dilakukan langsung Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia Komjen Pol Heru Winarko di Balaidesa Condongcatur, Minggu.
     
"Dengan pencanangan ini diharapkan warga Desa Condongcatur bersedia proaktif dalam upaya pemberantasan narkoba," kata Heru.
     
Menurut dia, penyalahgunaan narkoba dapat dicegah salah satunya dengan kesadaran masyarakat untuk menjauhi barang haram tersebut.
     
"Selama ada permintaan (narkoba), pasti 'supply' akan terus ada. Jadi tidak mudah memberantas narkoba. Maka dengan pencanangan ini setidaknya jangan sampai ada permintaan (narkoba) dari Desa Condongcatur," katanya.
     
Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu menunggu pihak berwenang ketika menemukan kegiatan transaksi narkoba. Masyarakat dapat mengambil tindakan secara langsung dengan mengamankan pelaku beserta barang buktinya.
     
"Jadi tidak perlu menunggu Polisi atau BNN, karena bisa jadi sampai di tempat kejadian perkara (TKP) transaksi itu sudah selasai. Jadi langsung saja diamankan. Tapi harus sesuai prosedur, harus ada barang buktinya," katanya.
     
Bupati Sleman Sri Purnomo, yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi atas dicanangkannya Desa Condongcatur sebagai Desa Bersih Narkoba.
     
Ia menganggap pencanangan tersebut merupakan langkah yang tepat. Bukan tanpa alasan, menurutnya hal tersebut dikarenakan dinamika masyarakat di Desa Condongcatur begitu tinggi dan dengan kempleksitas permasalahan yang ada di dalamnya.
     
"Saya harap setelah pencanangan ini Desa Condongcatur dapat menjadi garda terdepan dalam pemberantasan narkoba di wilayah Kabupaten Sleman," katanya.
     
Sedangkan Kepala Desa Condongcatur Reno Chandra Sangaji, mengaku siap mempelopori aksi pemberantasan narkoba di Kabupaten Sleman.
     
Ia mengimbau seluruh masyarakat Desa Condongcatur untuk bersatu dan saling bekerjasama dalam memberantas narkoba di wilayah Desa Condongcatur.
     
"Kami siap menjadi sabuk pengaman dari Kabupaten Sleman agar tidak melebar ke desa-desa lainnya," katanya.
     
Padang kesempatan tersebut juga dikukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Anti-Narkoba yang beranggotakan dari berbagai unsur masyarakat Desa Condongcatur.
     
Kegiatan dilanjutkan dengan ikrar Anti-Narkoba oleh Satgas Anti-Narkoba, dan diakhiri dengan penyuluhan singkat tentang narkoba Irjen Pol Ali Jhohardi, SH selaku Kapala Deputi Pencegahan Narkoba BNN RI.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024