Kulon Progo gelar "Tour de Menoreh"

id Menoreh

Kulon Progo gelar "Tour de Menoreh"

Kawasan Pegunungan Menoreh (Foto menorehwood.wordpress.com)

Kulon Progo (ANTARA News Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar ajang olahraga balap sepeda "Tour de Menoreh 2018" untuk memperkenalkan potensi wisata di wilayahnya.

"Tujuan pelaksanaan `Tour de Menoreh` yakni untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Kulon Progo melalui olahraga bersepeda," kata Kepala Disdikpora Kulon Progo Sumarsana di Kulon Progo, Minggu.

Selain mengenalkan potensi wisata, kata Sumarsana, Disdikpora juga mewadahi atlet sepeda untuk berlatih. Total ada 280 peserta, yang 120 peserta di antaranya dari luar daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan kedua kalinya ini diikuti ratusan pe-"gowes" dari sejumlah daerah baik luar dan dalam Kulon Progo. Partisipasi dari daerah luar Kulon Progo seperti Sidoarjo, Bogor, Jakarta, Ngawi, Semarang, Ungaran, Balikpapan, Palembang dan lainnya.

Rute yang dilalui sepanjang 100 kilometer mulai dari Alun-alun Wates, menuju "Wildlife Rescue Center" (WRC) Jogja di Pengasih kemudian menuju Sentolo hingga kawasan industri batik di wilayah Lendah.?Setelah itu, rute berlanjut ke kawasan wisata Glagah di Kecamatan Temon. Setelah itu rombongan berlanjut menuju Waduk Sermo di Kecamatan Kokap dan finish kembali di Alun-alun Wates.

"Kami sengaja mengambil etape di wilayah Lendah untuk mengenalkan produksi batik khas Kulon Progo, yakni Geblek Renteng. Ini langkah untuk mendukung pelaku UMKM," kata Sumarsana.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kulon Progo Rusdi Suwarno mengatakan selain memperkenalkan pariwisata di Kulon Progo, juga memperkenalkan produk lokal seperti kopi menoreh dan makanan khas Kulon Progo dalam "welcome?drink" sebelum bersepeda.

"Kami ada kegiatan 'welcome drink', tersedia kopi Menoreh khas Kulon Progo siap minum dan makanan khas Kulon Progo," katanya.

Lebih lanjut Rusdi mengungkapkan kegiatan "Tour de Menoreh" sebagai upaya untuk mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga.

"Dengan gemar berolahraga kita akan sehat selanjutnya akan produktif melakukan aktivitas karena sehat adalah modal utama untuk melakukan berbagai aktivitas," katanya.

Salah satu peserta Tour de Menoreh Angga mengatakan dirinya ikut kegiatan ini karena sangat tertantang dengan aspate yang ditawarkan. Mulai dari wisata, produk lokal, hingga pengalaman bersepeda di Kulon Progo.

"Ini luar biasa, memadukan olahraga, pariwisata dan promosi potensi lokal," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024