Tol laut akan menerapkan e-commerce tingkatkan pelayanan

id tol laut

Tol laut akan menerapkan e-commerce tingkatkan pelayanan

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub, Sahattua di sela diskusi kelompok terfokus (FGD) "Studi Penerapan Motorized Container Barge Jakarta-Surabaya di Yogyakarta, Selasa. (Foto Antara/Luqman Hakim)

      Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Kementerian Perhubungan akan menerapkan teknologi e-commerce untuk mengoptimalkan pelayanan tol laut mengingat terus meningkatnya jumlah penumpang maupun armada kapal tol laut.
       "Jadi tol laut itu sudah harus menggunakan teknologi yang pasti modelnya e-commerce," kata Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub, Sahattua di sela diskusi kelompok terfokus (FGD) "Studi Penerapan Motorized Container Barge Jakarta-Surabaya di Yogyakarta, Selasa.
       Menurut Sahattua, penerapan teknologi e-commerce sebagai salah satu upaya digitalisasi diperlukan agar pemesanan pelayanan kapal tol laut tidak lagi dilakukan secara manual serta lebih mudah menjangkau penumpang di mana saja.
       "Kita sudah sedemikian banyak kapalnya (tol laut), sedemikian banyak rutenya maka kita harus menggunakan teknologi," kata dia.
        Selain itu, lanjut Sahat, sat ini kapal-kapal tol laut juga tidak lagi dioperasikan oleh hanya satu operator dari satu perusahaan, melainkan oleh banyak perusahaan. Dengan demikian, operator kapal yang berdiri sendiri-sendiri tersebut akan disambung melalui digitalisasi.
       "Setelah digitalisasi, kita nanti perlu ada semacam tim manajemen kapal yang membantu operasional," kata dia.
        Menurut Sahat, seluruh trayek tol laut bisa dilakukan perubahan sewaktu-waktu yang bertujuan untuk mendorong upaya efisiensi. "Hampir seluruh trayek tol laut itu bisa dilakukan perubahan untuk efisiensinya," kata dia.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024