Bupati : ibu berperan siapkan generasi unggul

id Hari ibu

Bupati :  ibu berperan siapkan generasi unggul

Bupati Sleman Sri Purnomo menyerahkan bantuan sepeda kepada siswa sekolah pada Puncak Peringatan Hari Ibu Kabupaten Sleman. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo menyebutkan lahirnya generasi bangsa yang unggul, kreatif, penuh inisiatif, bervisi kemanusiaan, dan berwawasan luas, tidak luput dari sentuhan peran seorang ibu.
     
"Ibulah yang pertama kali memperkenalkan, menanamkan dan mengakarkan nilai agama, budaya, moral, kemanusiaan serta nilai-nilai luhur kepada seorang anak, dengan kata lain ibu dapat juga disebut sebagai pencerah peradaban" kata Sri Purnomo pada Puncak Peringatan Hari Ibu di Sleman, Rabu 
     
Ia mengatakan, dalam membangun kesejahteraan bangsa, peran kaum wanita saat ini semakin diakui dimana semakin banyak pucuk pimpinan dan posisi pengambil kebijakan telah diisi oleh perempuan yang berdaya, mandiri dan kreatif.
     
"Untuk itu kaum wanita saat ini dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas diri apalagi saat ini ruang aktualisasi diri terbuka lebar di ruang publik," katanya.
     
Menurut dia, untuk menyikapi dan menyiasati dua peran mendasar itu seorang ibu dituntut untuk semakin memaksimalkan perannya serta memberdayakan potensi dirinya sehingga dapat menginternalisasi kebutuhan era modern saat ini.
     
Dalam Peringatan Hari Ibu kali ini, Pemerintah Kabupaten Sleman mengusung tema "Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa".
     
Menurut Sri Purnomo tema tersebut bermakna bahwa kemitraan antara laki-laki dan perempuan merupakan kunci keberhasilan dalam mewujudkan Negara yang adil dan sejahtera melalui gerakan revolusi mental.
     
Ketua PKK Kabupaten Sleman Kustini dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu yang diselenggarakan setiap tahunnya diharapkan membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, dilain sisi apabila perempuan diberi peluang dan kesempatan akan meningkatkan mengembangkan segala potensi yang dimiliki.
     
"Saat ini terbukti perempuan dalam segala dimensi mampu menjadi motor penggerak dan perubahan atau 'agent of change'. Perempuan masa kini yang sadar, memahami dan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki," katanya.
     
Dalam kegiatan tersebut juga Pemerintah Kabupaten Sleman menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat tidak mampu dan penghargaan kepada penyuluh pokja tingkat kabupaten sleman.
     
Selain itu juga terdapat penyerahan bantuan berupa sepeda kepada para siswa sekolah di wilayah Kabupaten Sleman.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024