Gunung Kidul kukuhkan Badan Promosi Pariwisata Daerah

id Bupati Gunung Kidul,Pariwisata

Gunung Kidul kukuhkan Badan Promosi Pariwisata Daerah

Bupati Gunung Kidul Badingah (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengukuhkan kepengurusan Badan Promosi Pariwisata Daerah yang bertugas menarik wisatawan domestik maupun wisatawan asing, serta diharapkan kedepannya dapat juga menari Investor.
     
Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan pariwisata membutuhkan penggerak berupa inovasi, kreatifitas, dan keberlanjutan.
     
"Keberadaan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) diharapkan bisa bersinergi dengan Dinas Pariwisata, untuk meningkatkan sumua potensi wisata yang ada. Sektor pariwisata sangat membutuhkan tata kelola pengembangan yang lebih kreatif, inovatif profesional dan berkelanjutan," kata Badingah.
     
Dia mengatakan kemajuan pariwisata dapat menurunkan kemiskinan, lalu pariwista dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Pariwisata dapat berdampak luas dan membutuhkan pengelolaan khusus lewat lembaga," katanya.
     
Kepala BPPD Gunung Kidul Edo Sunardi mengatakan rencana BPPD paling dekat adalah melakukan promosi ditingkat nasional maupun Asia. Program jangka pendeknya akan melakukan uudensi dengan  Organisasi Perangkat daerh (OPD) terkait untuk  menyatukan persepsi dalam membangun pariwisata yang terpadu dan berkelanjutan.
     
"Jangka menengahnya promosi bersama pelaku industri pariwisata di Gunung Kidul dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan," katanya.
     
Dia mengatakan target jangka panjangnya pendampingan terhadap pokdarwis dan pelaku usaha wisata di Gunung Kidul dalam rangka pengelolasn dan managemen pelayanan yang baik, serta profesional dalam rangka pencitraan pariwisata di Gunung Kidul.
       
"Selain itu, kami juga akan mengelola satu pantai yang belum terlalu dijamah oleh masyarakat untuk dikelola sebaik mungkin, karena pantai-pantai sekarang cenderung kumuh karena banyak pelapak dipinggir pantai," katanya.
     
Edo mengatakan dirinya optimis jika pariwisata meningkat akan diiringi oleh penanaman modal oleh investor-investor swasta.
      "Promosi berkaitan dengan investasi jadi wisatawan bisa membawa banyak hal bisa keluarga, mahasiswa, bahkan pengusaha," katanya. ***1***